5 Pemanis Buatan Ini Aman untuk Penderita Diabetes, Bisa Dimasukkan dalam Makanan dan Minuman

Sabtu, 23 Desember 2023 - 06:00 WIB
loading...
5 Pemanis Buatan Ini Aman untuk Penderita Diabetes, Bisa Dimasukkan dalam Makanan dan Minuman
Penderita diabetes masih bisa lho makan dan minum manis tanpa gula darah naik, yakni dengan menggunakan pemanis buatan. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Masih banyak masyarakat masih salah paham dengan penyakit diabetes . Mereka menganggap penderita diabetes harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis agar kadar gula darahnya tetap stabil.

Nyatanya, penderita diabetes masih bisa lho makan dan minum manis tanpa gula darah naik, yakni dengan menggunakan pemanis buatan yang aman untuk penderita diabetes.

Dilansir dari Webmd, berikut beberapa pemanis buatan yang rendah kalori dan aman untuk penderita diabetes, Jumat (22/12/2023).


Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes

1. Sakarin

Sakarin salah satu jenis pemanis buatan yang bisa jadi pilihan kalau penderita diabetes ini makan makanan manis. Namun jenis pemanis buatan ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui yah.

2. Aspartam

Pemanis aspartam bisa Anda tambahkan dalam makanan dan minuman dingin atau hangat. Namun bila makanan atau minuman terlalu panas akan menghilangkan rasa manisnya. Orang yang memiliki kondisi fenilketonuria sebaiknya menghindari pemanis ini.

3. Acesulfame potassium atau ace-K

Pemanis ini bisa Anda dapat gunakan dalam makanan dingin dan panas, termasuk dalam memanggang dan memasak.

4. Sukralosa

Anda bisa menggunakannya dalam makanan panas dan dingin, termasuk dalam memanggang dan memasak. Bahan pemanis ini sering sekali ada di makanan olahan.


5. Siklamat

Dan yang terakhir ada advantame, yang bisa Anda gunakan untuk tambahan minuman ringan maupun minuman non alkohol lainnya.Pemanis buatan ini juga sering digunakan sebagai tambahan pemanis untuk permen karet, permen, frosting, makanan penutup beku, gelatin dan puding, selai dan jeli, buah olahan dan jus buah, topping hingga sirup.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)