5 Tips Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru, Jangan Kalap!

Minggu, 24 Desember 2023 - 20:39 WIB
loading...
5 Tips Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru, Jangan Kalap!
Ada beberapa tips makan sehat saat Natal dan tahun baru untuk mencegah berat badan naik. Sebab saat perayaan, banyak yang kalap mengonsumsi makanan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips makan sehat saat Natal dan tahun baru untuk mencegah berat badan naik setelah liburan. Sebab saat perayaan, banyak yang kalap mengonsumsi aneka makanan yang tersedia.

Ini tidak mengherankan mengingat Natal dan tahun baru biasanya dirayakan dengan makan bersama keluarga, kerabat, sahabat dan pasangan. Sayangnya, makanan yang dikonsumsi tinggi kalori dan lemak yang bisa menyebabkan berat badan naik.

Selain berat badan naik, risiko lainnya yang mengintai adalah penyakit yang kambuh. Sehingga penting untuk menjaga asupan makanan saat Natal dan tahun baru agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Tips Makan Sehat saat Natal dan Tahun Baru



Berikut tips makan sehat saat Natal dan tahun baru dilansir dari USA Today, Minggu (24/12/2023).



1. Atur Makanan yang Dikonsumsi


Beberapa orang cenderung bersikap ekstrim saat makan di perayaan Natal dan tahun baru. Hal ini biasanya terjadi karena seseorang berpikir jika malam tahun baru dan Natal merupakan suatu perayaan yang bebas setelah kerja keras selama 12 bulan.

Namun, Kara Collier, ahli diet terdaftar di Amerika Serikat menyarankan untuk membingkai aturan makan 80:20. Artinya Anda boleh makanan yang kaya nutrisi sebanyak 80 persen dan boleh mengonsumsi makanan sesuai keinginan tubuh 20 persen.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi


Sebelum mengonsumsi berbagai makanan, utamakan Anda menyantap makanan bernutrisi terlebih dahulu. Cara ini mampu membantu Anda tidak mengonsumsi berlebihan makanan-makanan yang dihidangkan kala perayaan tahun baru karena perut telah terasa kenyang. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)