Tulus Jadi Teman Gajah di SD Obama

Kamis, 01 Maret 2018 - 10:32 WIB
Tulus Jadi Teman Gajah di SD Obama
Tulus Jadi Teman Gajah di SD Obama
A A A
JAKARTA - Penyanyi solo Tulus sukses menghibur ratusan murid dan guru sekolah SDN 01 Menteng, Jakarta dalam rangka kampanye program #Teman Gajah.

Lewat kegiatan ini, Tulus ingin memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar untuk mencintai fauna dan lingkungan hidup. Di sekolah dasar tempat mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama ini, Tulus mengajak anak-anak untuk berdonasi di program sosial pembelian alat pelacak GPS untuk gajah.

Alat ini nantinya dikalungkan di leher gajah Sumatera yang hidup liar agar bisa terdeteksi dan terhindar dari aksi perburuan satwa liar. Sebelum menyanyi, Tulus mengedukasi anak-anak tentang kondisi gajah di Indonesia. “Saat ini populasinya hanya tinggal 2.000. Jangan sampai jumlah itu terus menurun,” tuturnya.

Melalui kegiatan #Teman Gajah, penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus ini berharap masyarakat menjadi lebih sadar dengan kondisi gajah saat ini. Dia mengajak masyarakat aktif berperan dalam penyelamatan hewan tersebut. Hewan mamalia dengan berat mencapai 2 ton ini pun memiliki arti tersendiri bagi penyanyi berusia 30 tahun tersebut.

Menurut pelantun Jangan Cintai Aku Apa Adanya ini, gajah adalah salah satu kata yang menjadi inspirasi besar dalam penulisan salah satu lagunya. Gajah yang berkontribusi dalam video klipnya pun mati dibunuh untuk diambil gadingnya.

“Makanya saya dan teman-teman bikin kampanye Teman Gajah. Lalu kampanye ini dipoles ulang agar lebih mudah dicerna,” ucap Tulus.

Kampanye ini telah dilakukan mulai 19 Oktober 2017. Total donasi yang dibutuhkan yaitu sekitar Rp1 miliar dan akan dipakai untuk membeli 20 kalung satelit GPS gajah. Untuk kampanye terbaru ini, Teman Gajah melibatkan 20 sekolah dasar di area Jakarta.

Sebagai generasi penerus bangsa, Tulus merasa anak Indonesia perlu mendapatkan edukasi sejak dini untuk terlibat dalam praktik pelestarian lingkungan dan makhluk hidup. Dalam kampanye ini, Tulus berkolaborasi dengan beberapa pihak.

Di antaranya, WWF Indonesia, kitabisa.com (portal penggalangan dana digital), Big Change Indonesia (perusahaan konsultan bisnis), NUSAE (studio desain asal Bandung), dan Synchro (penyelenggara acara kampanye). Sebelumnya, Tulus pernah melakukan kampanye serupa dengan tajuk #JanganBunuhGajah pada 2016.

Dalam kegiatan tersebut, ia bekerja sama dengan organisasi nirlaba WWF Indonesia. Melalui aksi tersebut, ia menunjukkan kontribusi dalam konservasi gajah Sumatera yang tersisa.

Sementara itu, selepas tampil menghibur anak-anak dan guru SDN 01, Tulus mengaku senang dan mendapatkan pengalaman baru menyanyi di depan ratusan anak sekolah dasar dengan segala tingkah polah mereka yang unik, dan tentunya memberikan pengalaman seru bagi penyanyi 30 tahun tersebut.

Tulus sempat membawakan lagu Gajah diiringi gitar akustik, diikuti kor massal anak-anak yang menyambutnya dengan penuh semangat dan lantang ikut melantunkan bait demi bait lirik lagu tersebut.

“Wah, energi mereka luar biasa. Banyak yang hafal lirik dan ikut menyanyi lagu saya. SD ini juga yang paling banyak mengumpulkan donasi. Dalam dua minggu terkum pul Rp10 juta,” ujar alumnus Fakultas Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat ini. (Thomasmanggalla)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8818 seconds (0.1#10.140)