Kunjungi Hidden Gem Kuliner Solo, Alam Ganjar Dengarkan Aspirasi para Pengusaha F&B

Rabu, 27 Desember 2023 - 22:52 WIB
loading...
Kunjungi Hidden Gem Kuliner Solo, Alam Ganjar Dengarkan Aspirasi para Pengusaha F&B
Muhammad Zinedine Alam Ganjar berdiskusi dan mendengar aspirasi para pengusaha yang mayoritas berasal dari industri food and beverage (F&B). Foto/Tim Alam Ganjar
A A A
SOLO - Muhammad Zinedine Alam Ganjar berdiskusi dan mendengar aspirasi para pengusaha yang mayoritas berasal dari industri food and beverage (F&B).

Momen tersebut berlansung saat putra tunggal Capres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo itu tengah melanjutkan liburannya di Kota Solo pada Rabu (27/12/2023). Pada kesempatan itu, Alam membahas masa depan F&B di Solo yang semakin berkembang. Ia menilai bagaimana industri F&B khususnya saat ini, harus memiliki dua keunggulan.

"Kita banyak ngobrol soal bagaimana tempat seperti ini bisa berkembang lagi karena inti dari bebetapa rintisan usaha bagaimana mereka punya dua keunggulan, pertama itu harga dan kedua itu soal identitas brand,” tutur Alam.



“Kalau kita lihat dari tempat tersembunyi seperti ini, itu identitas brand-nya kuat, sehingga jadi unique selling point yang ditawarkan kepada customer," lanjutnya.

Di momen itu, Alam sekaligus menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner hidden gem Solo, tepatnya di Kale Locale.

Ditanya soal kompetisi usaha, Alam menilai perkembangan suatu industri menutut pengusaha harus semakin kreatif dan inovatif. Menurutnya, hal tersebut tentu akan mendorong iklim wirausaha yang positif untuk kemajuan suatu industri.

"Bagaimana ini bisa jadi suatu kompetisi yang sehat, karena industri itu berkembang disebebkan oleh kompetisinya yang sehat. Apabila suatu industri tersebut memonopoli salah satu sektor, itu kompetisi akan semakin sulit dan perkembangannya relatif lambat,” paparnya.

“Tapi kalau kompetitif industri itu perkembangannya akan makin cepat karena orang dituntut untuk kreatif dan inovatif," imbuh Alam.



Dengan adanya diskusi seperti ini, Alam berharap muncul pengusaha baru yang berdaya saing dan kuat. Selain itu, menurutnya, diperlukan kolaborasi antarpengusaha dan juga pemerintah untuk menciptakan keberlanjutan usaha.

“Harapannya muncul industri serupa salah satunya Kale Locale ini," ungkap Alam.

"Kolaborasi diperlukan satu sama lain antara pelaku industri dengan pemerintah. Tapi dalam konteks ini adalah sepertinya banyak sekali teman-teman yang butuh satu akses sesama di mana akses itu bisa membuka pintu soal wawasan, seperti pendampingan usaha," katanya lagi.

Dengan adanya diskusi ini diharapkan bisa menjadi jembatan antara pengusaha dan pemangku kebijakan, terlebih lagi karena Alam Ganjar sendiri punya akses untuk menyampaikan aspirasi para pengusaha kepada pemangku kebijakan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)