5 Mitos Tahun Baru di Dunia, Ciuman Bisa Membawa Keberuntungan

Sabtu, 30 Desember 2023 - 22:00 WIB
loading...
5 Mitos Tahun Baru di Dunia, Ciuman Bisa Membawa Keberuntungan
Mitos tahun baru di dunia sangat beragam. Mitos ini sudah dipercaya sejak lama dan masih dilakukan di beberapa negara untuk menyambut pergantian tahun. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mitos tahun baru di dunia sangat beragam. Mitos ini sudah dipercaya sejak lama dan masih dilakukan di beberapa negara untuk menyambut dan memeriahkan momen pergantian tahun.

Sebagian masyarakat di banyak negara menganggap tahun baru tak hanya sekadar pergantian tahun. Karena itu, muncul mitos tahun baru di dunia seperti berciuman yang dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam urusan percintaan di tahun yang baru.

Selain itu, ada juga yang percaya mitos membakar masa lalu, membuka pintu tengah malam, membersihkan rumah hingga mengonsumsi anggur dengan jumlah tertentu. kepercayaan-kepercayaan ini dilakukan tepat saat malam tahun baru.

Mitos Tahun Baru di Dunia



Berikut mitos tahun baru di dunia dilansir dari Elite Daily, Sabtu (30/12/2023).



1. Membakar Masa Lalu


Mitos pertama ini diartikan sebagai membakar masa lalu. Kepercayaan ini pun sering dilakukan secara harfiah yakni membakar barang-barang ataupun foto yang mengingatkan dengan masa lampau.

Masyarakat Ekuador melakukan hal ini setiap tahun pada malam tahun baru untuk memastikan tahun mendatang mereka tidak terbebani. Menurut Conde Nast Traveler, penduduk setempat mengumpulkan satu atau beberapa foto yang melambangkan segala sesuatu yang tidak ingin mereka ikuti di tahun baru dan membakarnya.

2. Memakan Anggur


Bagi orang Spanyol, momen malam tahun baru jadi waktu yang tepat untuk memakan anggur. Konon, mereka meyakini mitos untuk memakan 12 buah anggur saat jam menunjukkan tengah malam.

Menurut Food Republic, memakan buah anggur dipercaya memiliki makna yakni menjamin untuk memulai tahun dengan sedikit adrenalin. Semua orang memakan 12 buah anggur untuk melambangkan 12 bulan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8111 seconds (0.1#10.140)