Saatnya Pelajar Indonesia Setop Perundungan

Minggu, 31 Desember 2023 - 04:00 WIB
loading...
Saatnya Pelajar Indonesia Setop Perundungan
Peserta FOR 12 saat kegiatan Active Learning #AyoBalasBaik, Stop Bullying. Salah satu sesi dalam kegiatan ini mengajak peserta untuk sharing pengalaman terkait perundungan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu negara yang aktif mendukung program Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030 yang memiliki tujuan menciptakan dunia yang lebih baik, salah satunya dalam segi kualitas sumber daya manusia. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Indonesia ingin memaksimalkan bonus demografi yang diperkirakan terjadi dalam rentang waktu 2025-2045.

Pada rentang waktu tersebut, 70% penduduk Indonesia didominasi oleh usia produktif yakni 18-45 tahun. Indonesia memiliki visi besar terkait hal ini untuk menciptakan Generasi Emas Indonesia 2045.

Keterlibatan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat diperlukan untuk mewujudkan visi tersebut. Semangat kolaborasi perlu ditanamkan kepada semua elemen masyarakat sejak dini supaya generasi Indonesia ke depan mampu membangun bangsa dengan asas gotong royong.



Untuk mewujudkan visi Generasi Emas Indonesia, Indonesia Student Youth Forum (ISYF) yang bergerak dalam bidang pemberdayaan dan pengembangan pemuda dan pelajar menginisiasi Forum Pelajar Indonesia (FOR) yang ke-12 dengan tema “Sinergi Pelajar Berkarakter, Wujudkan Indonesia Maju” sebagai upaya untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045.

Kegiatan FOR sendiri telah berjalan sejak 2009. Ini merupakan kegiatan tahunan ISYF yang mengumpulkan pelajar SMA se-Indonesia untuk berdiskusi, berbagi pengalaman dengan menyampaikan berbagai ide, gagasan, dan inovasi, baik antarpelajar maupun di antara pelajar dengan pihak lain.

Peserta yang mengikuti FOR 12 dipilih melalui beberapa tahapan seleksi. Di antaranya seleksi berkas, esai, dan video. Tahun ini ada lebih dari 800 pendaftar yang kemudian diseleksi dan terpilih 136 pelajar dari 33 provinsi di Indonesia.

FOR 12 berlangsung pada 18 Desember hingga 22 Desember 2023 dan berpusat di Jakarta. Beberapa kegiatan utama yang diikuti oleh peserta antara lain Meet the Leaders, Government Visit, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Cultural Performance, dan ditutup dengan kampanye proyek akhir tahun 2023.

Kegiatan-kegiatan tersebut mengusung beberapa tema antara lain climate change, good health, equality and inclusive, economic growth, dan sustainability and quality education. Tema-tema tersebut dijadikan acuan untuk kampanye proyek akhir tahun 2023.

Prof. Warsito selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Kemenko PMK mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Forum Pelajar Indonesia yang ke-12.

“Kami bangga terhadap prestasi para pelajar yang terpilih dalam kegiatan ini," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)