alexametrics

Olahraga Saat Menstruasi, Baik atau Tidak?

loading...
Olahraga Saat Menstruasi, Baik atau Tidak?
Berolahraga saat menstruasi sering menjadi perdebatan di antara wanita. Pasalnya pada masa ini perempuan merasa lemah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Banyak wanita memiliki pendapat berbeda mengenai apakah mereka harus berolahraga selama menstruasi atau tidak dan ini menjadi pertanyaan umum di kalangan perempuan.

Selama menstruasi, wanita sangat mungkin merasa kehilangan energi dan lebih memilih untuk tetap tidur, terutama pada hari pertama menstruasi.  Sementara, kebanyakan wanita juga tidak melakukan gym karena mereka berpikir olahraga menjadi tidak menyenangkan. Tapi, mungkin akan mengejutkan karena ternyata berolahraga selama menstruasi justru membantu Anda melepaskan kram menstruasi, membantu PMS, dan mengatasi perubahan suasana hati.

Menjadi normal bagi setiap wanita untuk merasa jengkel, cemas, dengan nafsu makan yang meningkat untuk makanan dan sebagainya. Berolahraga selama menstruasi bermanfaat karena hal itu mempengaruhi kadar hormon.

Meskipun mungkin tidak menyenangkan untuk berolahraga selama masa ini, olahraga akan membuat menstruasi dapat diatur. Endorfin dilepaskan saat latihan, yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Namun, jangan memaksakan diri terlalu banyak jika mengalami aliran berat dan mengatasi kram yang menyakitkan.

Manfaat yang dirasakan, antara lain meningkatkan mood dan memerangi PMS. Berolahraga juga  mengalahkan kelelahan dan sakit kepala, meringankan kram menstruasi dan meningkatkan sirkulasi darah.
Lalu, apa yang terjadi saat berolahraga selama menstruasi dan latihan apa yang terbaik selama periode itu?

Tidak harus menjadi latihan kardio keras. Anda bisa pergi jalan-jalan atau pergi joging selama beberapa menit. Anda juga bisa mencoba menstruasi kram-relieving peregangan yoga, latihan kardio ringan atau berolahraga di rumah.

Apapun latihan ringan Anda bisa melakukan apa yang Anda sukai saat itu. Pada akhir hari, penting untuk mendengarkan dan memahami tubuh Anda.

Selama menstruasi, ada banyak hormon yang bekerja sama di dalam tubuh. Daerah perut juga sensitif. Jadi, Anda harus menghindari latihan intensif dan latihan abs selama waktu itu. Hindari juga melakukan pose yoga terbalik, yang bisa menyebabkan lebih banyak aliran menstruasi dan kram yang menyakitkan.

Berolahraga tidak akan menimbulkan luka. Olahraga ringan tidak berbahaya, mungkin hanya tidak nyaman saja karena ada kemungkinan pewarnaan pakaian. Namun, banyak wanita lebih memilih berolahraga selama menstruasi karena membantu mereka menyingkirkan kram menstruasi yang menyakitkan.

Jika Anda suka berolahraga selama menstruasi, jangan hentikan diri Anda karena tubuh akan menjalani aktivitas fisik yang dapat membantu mengatasi masalah terkait periode. Ini akan membuat tubuh Anda berenergi dan bebas stres.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak