5 Makanan yang Akan Mengubah Kesehatan Fisik Anda pada 2024

Selasa, 02 Januari 2024 - 04:40 WIB
loading...
5 Makanan yang Akan Mengubah Kesehatan Fisik Anda pada 2024
Terdapat beberapa makanan yang bisa mengubah kesehatan fisik atau tubuh Anda di 2024 ini. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Tahun 2024 baru saja tiba. Memasuki tahun baru, biasanya seseorang ingin menjadi pribadi yang juga 'baru'. Salah satunya dalam segi kesehatan. Ternyata, ada lho makanan yang bisa mengubah kesehatan fisik atau tubuh Anda di 2024 ini.

Beberapa makanan dipercaya mampu menurunkan kolesterol, mempertahankan atau mengelola berat badan yang sehat, mengurangi gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, atau sekadar membuat Anda merasa lebih berenergi setiap hari.

Mengutip laman Eat This, Not Thant pada Senin (1/1/2024), berikut beberapa makanan yang dimaksud.


1. Kacang-Kacangan

Menambahkan satu atau dua porsi kacang setiap hari bisa membuat dampak signifikan pada diet Anda berkat nutrisi yang dikandung seperti zat besi, magnesium, dan folat.

Anda bakal mendapatkan banyak protein dan serat dari kacang-kacangan. Hanya dengan 1,5 cangkir kacang hitam memiliki 7,5 gram protein dan 7,5 gram serat.

Selain itu, mengonsumsi kacang biasa juga telah terbukti meningkatkan kontrol glukosa dan menurunkan kolesterol.

2. Rumput Laut

Rumput laut mengemas banyak kekuatan kesehatan ke dalam makanan rendah kalori. Tumbuhan ini terkenal sebagai sumber makanan yang baik berkat berbagai vitamin, mineral, protein, serat, dan antioksidan yang dikandungnya, di samping juga rendah lemak dan kalori.

Rumput laut sering disajikan dengan sushi, dalam sup miso, disiapkan kering sebagai camilan atau ditambahkan ke banyak resep berbeda termasuk tumis.

3. Buah Berry

Segenggam buah berry dapat memberikan banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh. Tak hanya kaya vitamin C dan tinggi serat, buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry juga sarat dengan antioksidan.

Studi kecil juga telah menemukan bahwa hanya secangkir buah berry memiliki efek positif pada fungsi eksekutif (istilah yang menggambarkan memori kerja, perencanaan, pemecahan masalah, dan mengarahkan perhatian, pikiran, dan perilaku) pada anak-anak dan dewasa muda.


4. Ikan Tuna

Untuk meningkatkan daya ingat, menjaga penglihatan tetap tajam, dan mengurangi risiko penyakit jantung, cobalah mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon atau tuna dua kali per minggu.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya mengonsumsi 3,5 ons setiap porsi makan untuk merasakan manfaat dari ikan tuna.

5. Yogurt

Makan lebih banyak yogurt, terutama varietas rendah gula dan protein tinggi yang mencakup kultur aktif hidup, dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2020 menemukan bahwa diet tinggi susu fermentasi seperti yogurt akan mengurangi risiko kanker payudara, usus besar, dan diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, yogurt juga dipercaya menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tubuh, peningkatan kesehatan jantung dan tulang, serta pencernaan yang lebih lancar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)