4 Cara Memperlambat Tumbuh Uban Tanpa Dicat

Rabu, 03 Januari 2024 - 07:40 WIB
loading...
4 Cara Memperlambat Tumbuh Uban Tanpa Dicat
Uban bisa muncul kapan saja dan ini membuat seseorang merasa tak percaya diri. Foto/ the sun
A A A
JAKARTA - Uban menjadi salah satu tanda Anda sudah semakin berumur. Namun, sebenarnya uban dapat muncul kapan saja.

Faktor genetik, stres, pewarna rambut, dan faktor lainnya dapat mempengaruhi munculnya uban . Ketika muncul pada rambut seseorang yang masih berusia muda, uban kerap kali membuat seseorang merasa tak percaya diri.



Jika penyebabnya adalah faktor genetik atau penuaan, memang tidak ada yang dapat mencegah atau membalikkan proses tersebut. Namun, merawat rambut beruban dapat mengembalikan pigmentasi warna jika kerontokan tersebut disebabkan oleh kondisi medis.

Jika kekurangan pola makan dan vitamin menjadi penyebab perubahan warna rambut Anda, beberapa cara berikut ini dapat membantu memperlambat munculnya uban, melansir dari Medical News Today :

Tips Memperlambat Tumbuh Uban

1. Makan lebih banyak antioksidan

Pola makan seseorang berperan dalam mencegah uban. Pola makan kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung makanan kaya antioksidan, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mencegah rambut beruban. Makanan kaya antioksidan meliputi buah-buahan dan sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan.

2. Memperbanyak vitamin

Ketika penyebab rambut putih Anda adalah kekurangan vitamin, tentu Anda harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut. Misalnya, makanan laut, telur, dan daging merupakan sumber vitamin B-12 yang baik, sedangkan susu, salmon, dan keju merupakan sumber vitamin D yang sangat baik.

3. Berhenti merokok

Merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi terhadap rambut putih, dan para peneliti telah menemukan hubungan antara kebiasaan tersebut dengan hilangnya pigmentasi rambut.


4. Pengobatan alami

Ada banyak pewarna rambut di pasaran yang dapat menutupi uban, namun banyak di antaranya yang justru menyebabkan uban lebih banyak muncuk dan dapat menyebabkan alergi serta reaksi merugikan.

Pengobatan alami menawarkan alternatif untuk memperlambat pemutihan rambut tanpa membahayakan tubuh atau menyebabkan kerusakan pigmen rambut lebih lanjut.

Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi uban adalah teh hitam karena dapat membuat rambut lebih gelap, berkilau dan lembut. Dapat digunakan dengan menyeduh 3 hingga 5 kantong teh dalam 2 gelas air mendidih, dinginkan dan tambahkan pada rambut yang bersih dan basah. Teh juga dapat dicampur dengan kondisioner, dibiarkan di rambut selama 1 jam, lalu bilas.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)