Manfaat Minum Wedang Jahe bagi Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

Kamis, 04 Januari 2024 - 07:00 WIB
loading...
Manfaat Minum Wedang Jahe bagi Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah
Minum wedang jahe bagi penderita diabetes dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat ini sudah terbukti secara ilmiah melalui penelitian. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum wedang jahe bagi penderita diabetes dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat ini pun sudah terbukti secara ilmiah melalui sejumlah penelitian.

Dokter spesialis penyakit dalam, Profesor Zubairi Djoerban mengatakan bahwa minum wedang jahe baik untuk kesehatan. Tidak hanya bisa menghangatkan tubuh saat hujan, minuman ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes .

“Siapa suka minum wedang jahe untuk menghangatkan badan? Lebih dari itu, manfaat jahe juga bisa dirasakan oleh orang-orang dengan diabetes, karena berkaitan dengan kadar gula darah,” tulis Profesor Zubairi dikutip dari akun X pribadinya, Kamis (4/1/2024).

Menurut penelitian, Profesor Zubairi menjelaskan bahwa mengonsumsi jahe bisa menurunkan gula darah hingga mencegah komplikasi diabetes. Selain itu, jahe juga terbukti bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.



Manfaat Minum Wedang Jahe bagi Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

Foto/Infografis SINDOnews

“Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi jahe dengan porsi secukupnya berperan mengurangi gula darah, menekan resistensi terhadap insulin, dan mencegah komplikasi diabetes,” kata Prof Zubairi.

“Bahkan bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” sambungnya.

Terdapat penelitian yang melibatkan 70 pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1600 mg jahe. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa jahe menurunkan trigliserida, kolesterol total, fasting blood sugar (FBS), HbA1C.

Selain itu, pada satu penelitian lain membuktikan mengonsumsi suplemen jahe selama tiga bulan meningkatkan indeks glikemik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)