6 Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Remaja Menurut Dermatologis, Hindari Juga Hal Ini

Rabu, 03 Januari 2024 - 12:50 WIB
loading...
6 Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Remaja Menurut Dermatologis, Hindari Juga Hal Ini
Meski saat ini sudah banyak pilihan produk skincare di pasaran, namun para remaja tidak boleh asal menggunakan suatu produk. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Remaja merupakan kelompok usia yang memiliki banyak aktivitas sekaligus masa di mana seseorang ingin mengeksplor berbagai hal. Banyaknya aktivitas yang diikuti baik di dalam maupun luar ruangan terkadang bisa memicu permasalahan kulit jika tak dirawat dengan benar.

Meski saat ini sudah banyak pilihan produk skincare di pasaran, namun para remaja tidak boleh asal menggunakan suatu produk. Sebab, di masa remaja hormon sedang aktif dan produksi minyak juga sedang tinggi-tingginya.

Maka itu, penggunaan skincare untuk remaja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kandungan-kandungan yang ramah untuk remaja. Dikutip dari Get The Gloss, Rabu (3/1/2024), dermatologis asal Inggris, Dr Alexis Granite, ungkap beberapa produk skincare yang disarankan untuk remaja. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!


1. Gentle Face Wash

Penggunaan skincare untuk kulit remaja masih cukup simple dan tak memerlukan banyak produk. Hal yang utama dalam rangkaian skincare remaja yakni membersihkan wajah. Dengan aktivitas yang banyak, kulit menjadi mudah terpapar kotoran sehingga perlu mencuci muka setelah beraktivitas khususnya di luar ruangan. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut dan dengan pH normal agar kulit tidak kering dan bersih.

2. Gel Pelembab

Produksi minyak di masa remaja cukup banyak. Oleh karenanya dibutuhkan pelembab yang bisa menghidrasi kulit tetapi tidak menambah produksi minyak berlebih. Pelembab dalam bentuk gel cocok untuk kulit berminyak dan ringan untuk digunakan remaja.

3. Penggunaan Sunscreen yang Rutin

Penggunaan sunscreen saat ini bukan hal yang tabu. Khususnya bagi para remaja yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, penggunaan sunscreen sangat penting untuk menghindari dampak buruk paparan langsung sinar matahari. Pilihlah produk sunscreen dengan SPF 35 atau 50, selain itu jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap 3 jam sekali.


4. Hindari Scrub Wajah

Produk scrub wajah sangat tidak disarankan untuk remaja. Butiran scrub yang banyak dan berkontak langsung dengan kulit dapat membuat kulit remaja menjadi kemerahan. Apalagi ketika memiliki kulit yang sensitif atau berjerawat, melakukan scrub wajah dapat memperparah jerawat dan membuat iritasi.

5. Jangan Lakukan Eksfoliasi dengan AHA dan Glycolic

Penggunaan bahan exfoliasi seperti AHA atau Glycolic dengan kandungan yang tinggi dapat membuat wajah iritasi. Maka perlu dihindari penggunaan kedua bahan tersebut, sebab kulit remaja yang masih sangat muda dan rawan.

6. Hindari Penggunaan Serum Vitamin C

Serum vitamin C memang terkenal mampu mencerahkan wajah, akan tetapi produk ini tidak disarankan untuk remaja. Penggunaan serum vitamin C utamanya dalam persentase yang tinggi dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)