6 Tips Menyimpan Buah Agar Tidak Mudah Busuk dan Kecoklatan

Sabtu, 30 September 2023 - 00:05 WIB
loading...
6 Tips Menyimpan Buah Agar Tidak Mudah Busuk dan Kecoklatan
Ada banyak tips menyimpan buah dengan benar agar tidak mudah busuk. Hal ini penting diketahui mereka yang sering membeli buah-buahan segar dalam jumlah besar. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada banyak tips menyimpan buah dengan benar agar tidak mudah busuk. Hal ini penting untuk diketahui oleh mereka yang sering membeli buah-buahan segar dalam jumlah besar.

Sayangnya, tidak semua paham cara menyimpan buah dengan benar. Akibatnya, tidak jarang buah yang dibeli menjadi busuk atau kecoklatan hingga berujung di tempat sampah karena tidak bisa dikonsumsi.

Berikut tips menyimpan buah dengan benar agar tidak mudah busuk dilansir dari Times of India, Sabtu (30/9/2023).

Tips Menyimpan Buah Agar Tidak Mudah Busuk dan Kecoklatan





1. Jaga Agar Tetap Kering


Langkah pertama dalam menyimpan buah segar adalah menyekanya dengan tisu. Pastikan buah dalam keadaan kering agar kelembapannya tidak menyebabkan warna kecoklatan atau busuk.

2. Bungkus atau Segel Buah


Aturan penyimpanan buah utuh dan buah potong berbeda. Untuk menghindari kontaminasi silang pada buah-buahan dan meningkatkan umur simpannya, sebaiknya bungkus buah utuh dalam cling film atau kantong kertas.

Namun, jika ingin menyimpan buah yang sudah dicincang atau diiris, sebaiknya simpan di wadah kedap udara. Ini mempertahankan kelembapan, mencegah kontaminasi silang, tetapi pastikan Anda membekukan wadah untuk menghindari reaksi enzimatik pada buah yang dipotong.

3. Campur dengan Jus Lemon


Cara menarik lainnya untuk mencegah buah menjadi kecoklatan adalah dengan mencampurkannya dengan jus lemon segar. Kehadiran jus lemon atau asam askorbat membantu menjaga kerenyahan dan kesegaran buah yang sudah dipotong.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8201 seconds (0.1#10.140)