5 Dampak Minum Kopi bagi Kesehatan, Jangan Lebih dari 4 Gelas Sehari

Sabtu, 06 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Dampak Minum Kopi bagi Kesehatan, Jangan Lebih dari 4 Gelas Sehari
Mengonsumsi kopi telah terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan. Foto/ hindustan times
A A A
JAKARTA - Minum kopi jadi salah satu yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, kopi dianggap bisa memberikan energi hingga menghilangkan rasa kantuk. Hasilnya, tidak sedikit yang mengonsumsinya setiap hari.

Dilansir EatWell, kopi tidak buruk untuk diminum setiap hari. Kecuali, Anda telah disarankan oleh tim layanan kesehatan untuk membatasi konsumsi karena alasan medis tertentu, seperti kehamilan atau jika memiliki risiko patah tulang yang tinggi.



Mengonsumsi kopi telah terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan asal sesuai takaran yakni tak lebih dari 3-4 gelas per hari

Lantas, seperti apa dampak kesehatannya bila mengonsumsi kopi setiap hari? Berikut informasinya dilansir kanal YouTube, Saddam Ismail dan EatWell, Jumat (5/1/2024).

Manfaat Minum Kopi

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama ialah menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, kebiasaan mengonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 15%.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Tidak hanya kafein, kopi juga mengandung sejumlah senyawa polifenol bioaktif yang dapat mendukung aspek kesehatan tertentu, termasuk kesehatan otak.

Beberapa bukti yang diterbitkan pada tahun 2021 di International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa konsumsi kopi mungkin berkorelasi dengan penurunan risiko pengembangan beberapa kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan demensia.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Kafein pada kopi rupanya tak hanya menambah energi, tapi juga meningkatkan suasana hati. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology menunjukkan bahwa orang dewasa yang sehat mengalami peningkatan suasana hati 30 menit setelah konsumsi kafein.

Lebih jauh lagi, meminum kopi secara teratur menghasilkan perbaikan suasana hati yang lebih tinggi dan signifikan dibandingkan meminum kopi tanpa kafein.

4. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Kopi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit batu empedu. Manfaat kafein pada kopi ini bisa mencegah terkena batu empedu lantaran kandungan kafein membantu mencegah pembentukan kolesterok atau kristal di batu empedu.

Kandungan kafein ini bisa merangsang kontraksi dari kantung empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.


5. Menjaga Kesehatan Hati

Satu lagi dampak meminum kopi setiap hari ialah menjaga kesehatan hati. Mengonsumsi kopi bisa mengurangi lemak di hati. Untuk itu, segala komplikasi yang bisa terjadi dari gangguan hati pun bisa terhindar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)