7 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Sering Diabaikan

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:30 WIB
loading...
7 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Sering Diabaikan
Gejala kekurangan vitamin D sering diabaikan karena ketidaktahuan sehingga berdampak pada kesehatan. Padahal, vitamin jenis ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Foto/CNET
A A A
JAKARTA - Gejala kekurangan vitamin D sering diabaikan karena ketidaktahuan sehingga berdampak pada kesehatan. Padahal, vitamin jenis ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dari menjaga kekuatan tulang hingga mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin D atau vitamin sinar matahari berperan penting dalam tubuh manusia. Meskipun penting, banyak orang di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut gejala kekurangan vitamin D yang sering diabaikan dilansir dari Times of India, Jumat (5/1/2024).

Gejala Kekurangan Vitamin D yang Sering Diabaikan





1. Luka Lambat Sembuh


Kekurangan vitamin D dapat memperlambat penyembuhan luka karena peran pentingnya dalam sistem kekebalan dan perbaikan jaringan. Vitamin ini penting untuk mendorong pertumbuhan dan pembelahan sel, elemen penting dalam proses penyembuhan.

Kadar vitamin D yang tidak mencukupi dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan menghasilkan jaringan baru yang sehat, sehingga memperlambat penyembuhan luka.

2. Lelah dan Lemas


Salah satu tanda awal kekurangan vitamin D adalah lelah dan lemas yang terus-menerus. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan kelelahan karena perannya yang penting dalam metabolisme energi. Kadar yang tidak mencukupi dapat menyebabkan perasaan lelah dan lemas.

Vitamin D mengatur sintesis adenosin trifosfat (ATP), mata uang energi utama sel. Produksi ATP yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan yang terus-menerus. Selain itu, vitamin D mendukung fungsi otot, dan kekurangannya dapat menyebabkan kelemahan otot, yang selanjutnya menyebabkan kelelahan.

3. Sering Sakit dan Terkena Infeksi


Vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sering jatuh sakit atau mengalami pemulihan yang berkepanjangan dari infeksi, itu merupakan gejala kekurangan kadar vitamin D.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)