6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Waspadai Olahan Buah

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:30 WIB
loading...
6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Waspadai Olahan Buah
Salah satu cara mengurangi risiko diabetes adalah dengan membatasi makanan dengan kadar gula tinggi. Foto/ stylecraze
A A A
JAKARTA - Salah satu cara mengurangi risiko diabetes adalah dengan membatasi makanan-makanan dengan kadar gula atau dengan indeks glikemik yang tinggi.

Indeks glikemik adalah indeks yang mengukur kecepatan tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Nah, berikut ini beberapa makanan pantangan bagi penderita diabetes, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/1/2023).


1. Minuman Manis

Salah satu sumber gula paling besar dalam kehidupan sehari-hari adalah minuman manis.

Pasalnya, minuman manis tidak hanya enak, tetapi juga tidak mengenyangkan, sehingga menggoda Anda untuk mengkonsumsinya terus menerus. Akibatnya, kandungan gula darah dalam tubuh Anda akan meningkat.

Minuman manis ini tidak hanya minuman biasa, seperti teh atau kopi yang ditambah dengan gula, tetapi juga minuman botol atau kaleng yang diproduksi oleh pabrik, termasuk jus.

Minuman manis jenis terakhir ini dibuat dengan proses berulang kali (ultra processed) dan seringkali mengandung karbohidrat rafinasi dan garam yang tinggi.

2. Makanan Kandungan Lemak Jenuh yang Tinggi

Lemak jenuh atau saturated fat adalah salah satu jenis lemak yang akan berbentuk padat apabila disimpan di tempat dengan suhu ruangan.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang banyak secara terus menerus dalam jangka waktu lama akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan stroke.

3. Nasi Putih

Nasi putih adalah pantangan makanan yang paling umum bagi penderita diabetes. Sebab, nasi putih mengandung glukosa yang dapat memicu gula darah naik dengan cepat.

Oleh karena itu, umumnya dokter akan menyarankan penderita diabetes untuk sedikit mengonsumsi nasi putih atau menggantinya dengan nasi merah dan sumber karbohidrat lainnya.

Meski menjadi pantangan, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh sama sekali mengonsumsi nasi putih. Anda masih bisa mengonsumsinya, tetapi dengan jumlah porsi yang lebih sedikit dan tidak boleh terlalu sering.

4. Berbagai Olahan Tepung

Bagi penderita diabetes, banyak olahan dari bahan tepung yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan tepung mengandung glukosa dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Tingginya kadar glukosa dan karbohidrat ini dapat memicu gula darah naik dengan cepat. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, sebisa mungkin untuk menghindari olahan dari tepung. Misalnya, produk mie atau roti tawar.

5. Snack Ringan dalam Kemasan

Beberapa snack ringan bukanlah pilihan camilan yang baik. Sebab, beberapa snack mengandung kalori tinggi. Selain itu, snack juga mengandung gula dan tepung terigu, dan tinggi pengawet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)