5 Alasan Hindari Minum Air Dingin dari Kulkas, Ini Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Minggu, 07 Januari 2024 - 23:55 WIB
loading...
5 Alasan Hindari Minum Air Dingin dari Kulkas, Ini Efek Sampingnya bagi Kesehatan
Ada beberapa alasan menghindari minum air dingin dari kulkas. Meski terasa menyegarkan, namun kebiasaan ini bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa alasan menghindari minum air dingin dari kulkas. Meski terasa menyegarkan dan ampuh menghilangkan dahaga saat musim panas, namun kebiasaan ini bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Sayangnya, mengonsumsi air dingin dari kulkas sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Terutama di musim panas yang dipercaya dapat meredakan panas secara instan, namun pada saat yang sama menyebabkan banyak efek samping pada tubuh.

Agar tetap terhidrasi di musim panas, perlu mengonsumsi minuman cair. Selain air putih, dianjurkan mengonsumsi berbagai jenis minuman termasuk lassi, jus, dan air kelapa. Menurut para ahli, perlu minum setidaknya 8-10 gelas air agar tetap terhidrasi.

Alasan Hindari Minum Air Dingin dari Kulkas



Minum air dingin setelah beraktivitas di bawah sinar matahari, setelah olahraga, atau makan mempunyai dampak buruk bagi tubuh. Berikut efek samping minum air dingin dari kulkas bagi kesehatan dilansir dari Times of India, Minggu (7/1/2024).



1. Masalah Pencernaan


Dalam Ayurveda, mengonsumsi air atau minuman dingin diyakini dapat melemahkan pencernaan dan menghambat proses pencernaan. Pencernaan melibatkan serangkaian proses yang membutuhkan panas, dimulai dari mulut dan berakhir di usus.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dingin mengecilkan pembuluh darah, yang menyebabkan masalah pencernaan.

2. Sakit Tenggorokan


Mengonsumsi air dingin dari kulkas dapat menyebabkan pembentukan lendir sehingga sebagian orang merasa kesulitan bernapas. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti sakit tenggorokan, lendir, pilek, dan pembengkakan tenggorokan.

5 Alasan Hindari Minum Air Dingin dari Kulkas, Ini Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)