Usia 40an Disarankan Kurangi Makan Daging Merah, Picu Kanker Pankreas

Selasa, 09 Januari 2024 - 08:15 WIB
loading...
Usia 40an Disarankan Kurangi Makan Daging Merah, Picu Kanker Pankreas
Daging merah memang jadi makanan favorit banyak orang. Namun, bisa menimbulkan penyakit, salah satunya kanker pankreas. Foto/ maxzi
A A A
JAKARTA - Daging merah, seperti sapi, kambing dan domba merupakan makanan favorit banyak orang. Pengolahan daging merah juga beragam, dari sate, gulai hingga steak.

Selain rasanya yang lezat, daging merah juga mengandung banyak protein, vitamin B12, zat besi dan zinc yang berguna bagi tubuh.



Alih-alih bermanfaat, namun terlalu banyak makan daging merah ternyata juga tak baik untuk tubuh loh. Terlalu banyak konsumsi daging merah bisa menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya kanker pankreas .

Hal itu disampaikan oleh Anggota Dewan Pertimbangan PB IDI & Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, FINASIM, FACP. Prof Ari mengatakan seseorang yang konsumsi makanan tinggi lemak berisiko terkena penyakit kanker pankreas.

“Artinya pankreas jadi berat buat menghasilkan enzim, pankreas dibuat kerja keras, begitu juga usus besar, bahwa daging ini sulit dituntas bersih sehingga menempel akhirnya menyebabkan peradangan kronik, lama-lama terbentuk polip dan kanker,” jelas Prof Ari.

Dengan mengurangi konsumsi daging merah tentunya juga mengurangi beban organ untuk mencerna makanan lebih berat.



“Salah satunya alasannya diet tinggi lemak harus dilakukan tambahnya,” ujar Prof Ari.

Untuk orang-orang usia di atas 40 tahun disarankan untuk mengurangi asupan daging merah.

“Apalagi kalau makan steak setengah matang berisiko tinggi kena kanker,” tutur dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)