Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman, Pastikan Ukurannya Pas

Rabu, 10 Januari 2024 - 19:24 WIB
loading...
Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman, Pastikan Ukurannya Pas
Ada sejumlah tips memilih sepatu lari yang nyaman dikenakan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tips memilih sepatu lari yang nyaman dikenakan. Perhatikan daya cengkram sepatu saat berlari, jangan sampai kamu terpeleset karena bagian bawah yang tidak sesuai standar running shoe.

Terpenting, Anda harus memperhatikan jalur lari yang dilalui. Ada tiga subkategori berdasarkan jalurnya, yaitu road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Perhatikan pula cara berlari Anda.

Jika Anda gemar berolahraga lari di trek yang naik turun bukit dipenuhi batu, lumpur atau akar, sepatu lari yang seharusnya Anda gunakan adalah jenis trail-running shoes yang bisa memberikan stabilitas dan perlindungan ekstra.



Lain halnya dengan sepatu lari jenis cross-training shoes yang dirancang untuk para pengguna gym atau latihan crossfit.

Setelah mengetahui jalur dan cara berlari, kini saatnya mengetahui cara memilih sepatu lari yang nyaman di kaki.

Tips Memilih Sepatu Lari

1. Perhatikan Bentuk dan Jenis Kaki

Jenis kaki setiap orang berbeda-beda. Ada jenis kaki yang cenderung memanjang serta ada juga jenis kaki yang lebar. Pastikan Anda memilih sepatu dengan desain yang sesuai dengan bentuk dan jenis kaki Anda. Apabila Anda memilih desain sepatu lari yang tidak sesuai, maka akan membuat kaki menjadi tidak nyaman saat berlari.

2. Pilih Ukuran yang Tepat

Beli sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Beberapa merek sepatu lari terkadang memiliki ukuran yang berbeda meskipun nomor ukurannya sama. Salah satu trik yang mungkin Anda dapat lakukan untuk mendapatkan sepatu lari yang tepat adalah dengan mengukur ukuran kaki Anda sendiri.

Hindari memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil karena dapat meningkatkan risiko cedera pada kaki. Usahakan saat mencoba sepatu yang diinginkan, Anda mencoba sambil mengenakan kaus kaki yang biasa Anda pakai untuk lari.

3. Perhatikan Fleksibilitas Sepatu

Sepatu lari yang fleksibel akan mengikuti gerakan alami kaki sehingga kaki Anda dapat bergerak bebas selama berlari. Selain itu, sepatu yang fleksibel membuat olahraga lari menjadi semakin nyaman.

4. Perhatikan Berat Sepatu

Usahakan untuk memilih sepatu dengan berat yang ringan, apalagi jika Anda berniat untuk melakukan lari dengan jarak yang jauh. Lari jarak jauh menggunakan sepatu yang berat akan membuat Anda cepat lelah.

5. Pilih Sepatu dengan Bantalan Empuk

Bagian dalam sepatu lari biasanya terdapat bantalan empuk yang menambah kenyamanan selama berlari. Jenis bantalan pada sepatu biasanya beraneka ragam. Ada bantalan sepatu yang tinggi serta ada beberapa sepatu dengan bantalan yang rendah. Pastikan Anda memilih sepatu dengan bantalan yang cocok dengan kaki Anda sehingga kaki Anda tidak mudah pegal dan kram.


6. Pilih Sepatu yang Memiliki Sirkulasi Baik

Sirkulasi udara yang baik penting untuk membiarkan kaki Anda dapat bernapas selama berlari. Hal ini agar kaki Anda tetap terasa sejuk selama berlari, mencegah kaki terlalu berkeringat, serta menjaga kaki tetap kering. Pilihlah sepatu dengan bahan yang terbuat dari jaring agar sirkulasi udara pada kaki Anda tetap terjaga.

Itulah tips memilih sepatu lari yang nyaman di kaki. Dapatkan diskon hingga 62% untuk produk sepatu olahraga di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips, dan review produk kebutuhanmu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)