5 Tips Mudah Membersihkan Wajan Gosong, Bisa Gunakan Cuka hingga Lemon

Jum'at, 12 Januari 2024 - 17:31 WIB
loading...
5 Tips Mudah Membersihkan Wajan Gosong, Bisa Gunakan Cuka hingga Lemon
Banyak ibu rumah tangga kesulitan membersihkan wajan gosong. Cara mengatasinya pun cukup mudah. Foto/ thekitchn.
A A A
JAKARTA – Banyak ibu rumah tangga kesulitan membersihkan wajan yang gosong. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan menggunakan api yang terlalu besar.

Namun, bukan berarti wajan gosong tidak bisa dibersihkan. Ada beberapa cara praktis yang dijamin ampuh menghilangkan gosong pada wajan sehingga bisa digunakan kembali.



Mengutip The Kitchn pada Jumat (12/1/2024), berikut cara ampuh bersihkan wajan gosong.

Cara Membersihkan Wajan Gosong

1. Air, cuka, dan soda kue

Cara pertama untuk membersihkan wajan gosong yakni menggunakan air, cuka, dan soda kue. Pertama-tama, masukkan satu gelas air dan satu gelas cuka ke dalam panci dan didihkan. Kemudian matikan api, tambahkan 2 sendok makan baking soda. Buang cairan dan cuci panci dengan sabut gosok.

Jika masih ada potongan yang menempel, tambahkan lebih banyak soda kue dan air (buat pasta) dan diamkan beberapa menit, lalu cuci kembali dengan sabut gosok dan sabun cuci piring.

2. Dryer sheet

Anda juga bisa membersihkan wajan gosong menggunakan dryer sheet. Cara penggunaannya sangatlah mudah yakni masukkan beberapa tetes sabun cuci piring dan air panas ke dalam wajan. Kemudian rendam lembaran dryer sheet, diamkan selama satu jam.

Setelah itu, keluarkan dan buang lembaran pengering, lalu bilas panci menggunakan sabut gosok dan sabun cuci piring. Namun sayangnya cara ini tidaklah terlalu ampuh, kadang kala sisa makanan masih menempel pada dasar wajan. Untuk itu, perlu diulangi beberapa kali.

3. Tablet pencuci piring

Cara ketiga yakni menggunakan tablet pencuci piring. Cara ini dianggap cukup ampuh dibandingkan dengan cara yang sebelumnya.

Pertama-tama, basahi dasar panci dengan sedikit air dan panaskan dengan api kecil. Kemudian, angkar wajan dari api, dan oleskan tablet cuci piring pada bagian yang gosong. Lalu, bilas dan cuci dengan air sabun hangat.

4. Lemon rebus

Membersihkan wajan gosong juga bisa menggunakan bahan alami seperti buah lemon. Cara penggunaannya sangatlah mudah yakni dengan memotong dua buah lemon menjadi empat bagian. Kemudian masukkan ke dalam panci, si dengan beberapa inci air dan didihkan. Rebus selama 5-10 menit atau sampai Anda mulai melihat partikel makanan mengapung ke permukaan. Buang air dan lemon, bilas, dan gunakan sabut gosok untuk menghilangkan sisa-sisanya.


5. Aluminium foil

Cara menggunakan alumunium foil untuk menghilangkan gosong pada wajan yakni dengan lumuri area yang terbakar dengan 2-3 sendok makan baking soda dan tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu mulailah menggosok seluruh bagiannya sampai semua sisa makanan dan area bernoda bersih. Bilas panci dengan air sabun hangat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)