10 Kebiasaan Pagi yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Sebuah penelitian besar yang melibatkan 40.554 orang menemukan bahwa perencanaan makan dikaitkan dengan kualitas pola makan yang lebih baik, variasi pola makan yang lebih banyak, dan risiko obesitas yang lebih rendah. Studi lain menemukan mengonsumsi makanan rumahan lebih sering dikaitkan dengan peningkatan kualitas pola makan dan penurunan risiko kelebihan lemak tubuh.

8. Tidur Lebih Lama


Tidur lebih awal atau mengatur jam alarm lebih lambat untuk menambah waktu tidur dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kurang tidur mungkin berhubungan dengan peningkatan nafsu makan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa pembatasan tidur meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama terhadap makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi.

9. Ganti Transportasi


Meskipun mengemudi merupakan salah satu cara paling nyaman untuk berangkat kerja, hal itu tidak terlalu baik untuk berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko penambahan berat badan.

Sebuah penelitian yang mengamati 822 orang selama empat tahun dan menemukan bahwa mereka yang bepergian dengan mobil cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak menggunakan mobil.

10. Buat Catatan Harian


Membuat catatan harian makanan untuk melacak apa yang Anda makan bisa menjadi cara efektif untuk membantu meningkatkan penurunan berat badan dan menjaga diri tetap bertanggung jawab. Satu studi melacak penurunan berat badan pada 123 orang selama satu tahun dan menemukan bahwa menyelesaikan jurnal makanan dikaitkan dengan jumlah penurunan berat badan yang lebih besar.

Studi lain menunjukkan bahwa partisipan yang rutin menggunakan sistem pelacakan untuk memantau pola makan dan olahraganya mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak rutin menggunakan sistem pelacakan.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)