10 Kebiasaan Pagi yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:00 WIB
loading...
10 Kebiasaan Pagi yang Cepat Menurunkan Berat Badan
Ada beberapa kebiasaan pagi yang cepat menurunkan berat badan dengan alami. Bagi sejumlah orang, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah dan sulit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan pagi yang cepat menurunkan berat badan dengan alami. Bagi sejumlah orang, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah dan terkadang terasa sulit dilakukan.

Padahal, menurunkan beberapa kilogram tidak harus merombak total pola makan dan gaya hidup saat ini. Sebab, melakukan beberapa perubahan kecil pada kebiasaan pagi dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Menurut penelitian dari Northumbria University, Newcastle, orang bisa membakar lemak tubuh hingga 20 persen lebih banyak dengan berolahraga di pagi hari dengan perut kosong. Bukan hanya olahraga, apa yang Anda makan, kapan Anda bangun, dan apa yang Anda lakukan di pagi hari penting dalam penurunan berat badan.

Kebiasaan Pagi yang Cepat Menurunkan Berat Badan



Berikut kebiasaan pagi yang cepat menurunkan berat badan dilansir dari Health Line, Sabtu (13/1/2024).



10 Kebiasaan Pagi yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Makan Sarapan Tinggi Protein


Ada alasan bagus mengapa sarapan dianggap sebagai waktu makan terpenting hari ini. Apa yang Anda makan untuk sarapan dapat menentukan arah sepanjang hari.
Ini menentukan apakah Anda akan merasa kenyang dan puas sampai makan siang, atau sebaliknya. Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

2. Minum Banyak Air


Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya selama 60 menit.

Dalam sebuah penelitian kecil, minum 500 ml air menyebabkan rata-rata peningkatan laju metabolisme sebesar 30 persen. Studi lain menemukan bahwa wanita kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air hingga lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan 2 kg dalam satu tahun tanpa olahraga.

3. Timbang Berat Badan


Menimbang berat badan setiap pagi bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan pengendalian diri. Beberapa penelitian mengaitkan menimbang berat badan setiap hari dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Misalnya, sebuah penelitian pada 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badannya setiap hari kehilangan sekitar 13 pon atau 6 kg lebih banyak selama enam bulan dibandingkan mereka yang lebih jarang menimbang berat badannya.

4. Dapatkan Sinar Matahari


Membuka tirai agar sinar matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit ekstra di luar setiap pagi dapat membantu memulai penurunan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya tingkat sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat berdampak pada berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa paparan radiasi ultraviolet membantu menekan penambahan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

5. Mindfulness


Mindfulness adalah praktik yang melibatkan fokus penuh pada momen saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Praktek ini telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan kebiasaan makan yang sehat.

Misalnya, analisis terhadap 19 penelitian menemukan bahwa intervensi berbasis kesadaran meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi perilaku makan terkait obesitas.



6. Olahraga


Melakukan aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Sebuah penelitian terhadap 50 wanita yang kelebihan berat badan mengukur efek latihan aerobik pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Meskipun tidak banyak perbedaan dalam hal mengidam makanan tertentu antara mereka yang berolahraga di pagi hari dan sore hari, berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi.

7. Kemasi Makan Siang Anda


Berusaha merencanakan dan mengemas makan siang Anda sebelumnya bisa menjadi cara sederhana untuk membuat pilihan makanan yang lebih baik dan meningkatkan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian besar yang melibatkan 40.554 orang menemukan bahwa perencanaan makan dikaitkan dengan kualitas pola makan yang lebih baik, variasi pola makan yang lebih banyak, dan risiko obesitas yang lebih rendah. Studi lain menemukan mengonsumsi makanan rumahan lebih sering dikaitkan dengan peningkatan kualitas pola makan dan penurunan risiko kelebihan lemak tubuh.

8. Tidur Lebih Lama


Tidur lebih awal atau mengatur jam alarm lebih lambat untuk menambah waktu tidur dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kurang tidur mungkin berhubungan dengan peningkatan nafsu makan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa pembatasan tidur meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama terhadap makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi.

9. Ganti Transportasi


Meskipun mengemudi merupakan salah satu cara paling nyaman untuk berangkat kerja, hal itu tidak terlalu baik untuk berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko penambahan berat badan.

Sebuah penelitian yang mengamati 822 orang selama empat tahun dan menemukan bahwa mereka yang bepergian dengan mobil cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak menggunakan mobil.

10. Buat Catatan Harian


Membuat catatan harian makanan untuk melacak apa yang Anda makan bisa menjadi cara efektif untuk membantu meningkatkan penurunan berat badan dan menjaga diri tetap bertanggung jawab. Satu studi melacak penurunan berat badan pada 123 orang selama satu tahun dan menemukan bahwa menyelesaikan jurnal makanan dikaitkan dengan jumlah penurunan berat badan yang lebih besar.

Studi lain menunjukkan bahwa partisipan yang rutin menggunakan sistem pelacakan untuk memantau pola makan dan olahraganya mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak rutin menggunakan sistem pelacakan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)