Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

loading...
Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga
Dengan jadwal yang padat, sulit menemukan waktu untuk berolahraga. Berolahraga juga tidak bisa sembarangan. Ada waktu yang tepat agar olahraga benar-benar bermanfaat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Dengan jadwal yang padat, sulit menemukan waktu untuk berolahraga. Antara pekerjaan, kehidupan sosial, dan menonton film maraton, sulit untuk melakukan olahraga meskipun kita tahu itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Namun, mungkin akan membantu jadwal yang terlalu banyak untuk mengetahui bahwa ketika harus pergi ke gym, berolahraga pada waktu-waktu tertentu dapat membantu memaksimalkan tujuan kebugaran tubuh. Jadi kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Dilansir Healthline, olahraga pagi dan sore hari menjadi pilihan. Ada banyak kelebihan untuk berolahraga di pagi hari. Pertama-tama, Anda akan menyelesaikan dan mengakhirinya bahkan sebelum Anda memulai hari Anda. Itu berarti Anda akan memulai hari dengan endorfin, dan perasaan senang mengetahui mencapai sesuatu sebelum jam 9 pagi yang beberapa orang tidak akan capai sepanjang hari.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berolahraga di sore atau malam hari. Ini bisa melegakan, menyisakan waktu untuk memasak makan malam, bersosialisasi dengan teman, dan sekadar bersantai. Studi mendukung gagasan berolahraga di pagi hari. Sebuah studi yang diterbitkan di Kedokteran dan Sains dalam Olahraga dan Latihan mengevaluasi bagaimana wanita menanggapi makanan setelah berolahraga di pagi hari.



Ketika peserta - mereka yang memiliki berat badan sehat, dan mereka yang mengalami obesitas - berjalan cepat selama 45 menit, mereka tidak terlalu terganggu oleh foto makanan yang tampak lezat dibandingkan dengan saat mereka gagal berolahraga sama sekali. Berdasarkan aktivitas pagi ini, pada hari-hari para peserta berolahraga di pagi hari, mereka juga meningkatkan aktivitas fisik mereka sepanjang hari dibandingkan hari-hari mereka tidak berolahraga di pagi hari.

Selain itu, manfaat tambahan pergi ke gym di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme, yang berarti Anda akan terus membakar kalori sepanjang hari saat mengonsumsinya daripada di malam hari saat Anda tidur. (Baca juga: Kemenkes: Daun Kelor Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi).

Studi lain menyebutkan bahwa meningkatkan rutinitas kebugaran di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur. Olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh. Itu berarti sesi keringat larut malam bisa menghalangi kemampuan Anda untuk menutup mata. Studi ini telah menunjukkan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi, dibandingkan pada sore atau malam hari, dapat membantu individu mendapatkan lebih banyak kualitas tidur di malam hari.



Satu lagi argumen yang mengemukakan alasan untuk berolahraga di pagi hari adalah bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membakar lebih banyak lemak. Olahraga bisa membakar hingga 20% lebih banyak lemak tubuh saat pergi ke gym dengan perut kosong. Ini adalah prestasi yang jauh lebih bisa dicapai di pagi hari, sebelum sarapan, daripada setelah seharian penuh di mana Anda harus makan secara teratur.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top