Apakah Memanaskan Makanan di Microwave Sebabkan Kanker?

Sabtu, 13 Januari 2024 - 14:30 WIB
loading...
Apakah Memanaskan Makanan di Microwave Sebabkan Kanker?
Sebagian orang percaya bahwa memanaskan makanan di microwave bisa menyebabkan kanker. Hal ini karena gelombang mikro yang digunakan oleh microwave. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya bahwa memanaskan makanan di microwave bisa menyebabkan kanker hingga banyak yang menghindari menggunakan alat tersebut. Hal ini karena gelombang mikro yang digunakan oleh microwave disebut dapat menyebabkan penyakit seperti kanker.

Dilansir dari Web MD, Sabtu (13/1/2024) microwave bekerja dengan menghasilkan panas dari gelombang mikro yang membuat molekul air di makanan bergetar. Cara ini membantu makanan menjadi hangat dan matang dengan cepat.

Meskipun menggunakan energi gelombang mikro, akan tetapi radiasi yang dihasilkan tidak membuat kandungan dari makanan berubah. Radiasi yang digunakan oleh microwave yaitu radiasi non-ionisasi dan ini tidak berbahaya untuk tubuh manusia.

Menjawab kekhawatiran masyarakat tentang memanaskan makanan di dalam microwave dapat menyebabkan kanker, ternyata hal ini tidak benar. Sebab sampai saat ini belum ada bukti atau kasus terjadi yang mengaitkan keduanya.



Pasalnya radiasi dari gelombang mikro hanya membantu untuk memanaskan makanan, bukan membuat makanan menjadi radioaktif yang beracun untuk tubuh.

Hal yang patut dikhawatirkan adalah kebocoran radiasi yang kemungkinan dapat terjadi jika microwave yang digunakan sudah terlalu tua. Kondisi ini dapat menyebabkan luka bakar jika Anda terkena radiasi.

Oleh karenanya Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) tak menyarankan para pengguna untuk berdiam diri menunggu di depan pintu microwave tersebut.

Kasus luka bakar ini hanya dapat terjadi jika Anda terkena radiasi gelombang mikro tingkat tinggi. Hal ini memungkinkan terjadi ketika microwave sudah tua dan fungsinya sudah tidak optimal.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)