8 Manfaat Makan Pare saat Hamil, Membantu Perkembangan Janin

Minggu, 14 Januari 2024 - 15:03 WIB
loading...
8 Manfaat Makan Pare saat Hamil, Membantu Perkembangan Janin
Pare kaya akan nutrisi dan mineral yang dianggap sebagai sayuran paling sehat. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA – Pare merupakan sayuran berukuran sedang dengan rasa pahit yang khas. Pare diperkaya dengan nutrisi dan mineral dan dianggap sebagai sayuran yang sangat sehat. Namun, mengonsumsi pare selama kehamilan juga menimbulkan kontroversi, meski makan pare memiliki banyak manfaat.

Untuk membantu Anda mengambil keputusan, dilansir stylecraze, Anda bisa mengetahui fakta pare selama kehamilan. Berikut ulasannya.


Manfaat Pare bagi Wanita Hamil

1. Kandungan Folat Tinggi

Folat merupakan kebutuhan vital bagi ibu hamil. Mineral ini membantu perkembangan janin yang sehat dengan menjaga bayi baru lahir aman dari kemungkinan cacat tabung saraf. Pare mengandung folat dalam jumlah yang sangat tinggi. Ini mengandung seperempat dari kebutuhan harian mineral ini pada ibu hamil.

2. Kandungan Serat Tinggi

Sayuran ini kaya akan serat dan memberikan rasa kenyang. Ini mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan berkalori tinggi atau junk food. Sayuran ini membantu Anda tetap langsing, bahkan selama kehamilan.

3. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Dua masalah utama yang dihadapi sebagian besar wanita hamil di seluruh dunia adalah sembelit dan wasir. Kandungan serat pada pare membantu mengurangi masalah ini.

4. Antidiabetes

Pare memiliki khasiat antidiabetes dan wajib dikonsumsi setiap hari. Pare memiliki protein hipoglikemik, seperti insulin yang membantu menurunkan kadar gula darah. Nutrisi seperti charantini dan polipeptida-Pi juga dapat membantu melawan diabetes gestasional selama kehamilan.

5. Antioksidan dan Antibakteri

Pare mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan dan membantu ibu hamil melawan bakteri berbahaya. Pare juga memiliki sifat antibakteri yang mencegah infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus dan candida albicans yang dapat menyebabkan masalah kulit. Ini juga membantu dalam membangun kekebalan ibu hamil.

6. Mengatur Pergerakan Usus

Sayuran ini juga dapat membantu melancarkan gerak peristaltik yang nantinya membantu mengatur pergerakan usus dan sistem pencernaan ibu hamil. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

7. Sumber Nutrisi yang Dibutuhkan Janin

Pare adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Mengandung zat besi, niasin, potasium, asam pantotenat, seng, piridoksin, magnesium dan mangan. Ini bisa dengan mudah disebut sayuran super karena memainkan peran penting dalam pertumbuhan janin.

Sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral lain seperti riboflavin, tiamin, Vitamin B1, B2, B3 dll. Dan merupakan sumber yang kaya kalsium dan beta karoten.


8. Membantu Mencerahkan Kulit

Pare kaya akan vitamin A dan C serta antioksidan, yang dapat meningkatkan peremajaan kulit dan mencerahkan warna kulit. Sifat pemutihan alaminya dapat membantu memudarkan flek hitam, bekas jerawat, dan pigmentasi, sehingga membuat kulit lebih bercahaya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)