5 Tips Hindari Rumah Ditumbuhi Jamur pada Musim Hujan

Senin, 15 Januari 2024 - 06:30 WIB
loading...
5 Tips Hindari Rumah Ditumbuhi Jamur pada Musim Hujan
Bila tidak dilakukan perawatan ekstra, tak menutup kemungkinan rumah akan mengalami sejumlah masalah saat musim hujan tiba. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasuki musim hujan. Meski memberikan hawa sejuk dan menjadi obat dari musim kemarau, beberapa masalah juga bisa terjadi saat musim hujan tiba.

Salah satunya pada rumah Anda. Bila tidak dilakukan perawatan ekstra, tak menutup kemungkinan rumah akan mengalami sejumlah masalah. Antara lain kelembaban yang mendorong tumbuhnya jamur di rumah. Berhubung membasmi jamur membutuhkan banyak waktu, kerja keras, dan uang, Anda perlu memikirkan cara mencegah tumbuhnya jamur di rumah.

Kelembaban adalah penyebab terbesar di balik tumbuhnya jamur pada dinding, furnitur, pakaian, dan barang-barang lain. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menjaga rumah tetap kering saat musim hujan.



Berikut tips merawat rumah agar bebas dari jamur di musim hujan, yang dilansir dari laman Zemeen, Senin (15/1/2024).

1. Cari Tahu Area Rawan Berjamur

Langkah pertama adalah mencari tahu area mana di rumah Anda yang paling rentan terkena serangan jamur. Biasanya, area tersebut meliputi bagian rumah yang sering terkena air hujan ataupun mengalami kebocoran sehingga menimbulkan kelembaban dan rentan terkena jamur.

Biasanya, area tersebut meliputi dapur hingga kamar mandi. Anda perlu fokus untuk menyeimbangkan tingkat kelembaban di ruangan seperti kamar mandi, dapur, dan area binatu.

2. Bersihkan Segera Area Lembab

Bila menemukan area yang sering terkena air akibat musim hujan, segera bersihkan dan keringkan. Meski terkesan merepotkan, membersihkan bagian yang basah dengan kain bersih jauh lebih mudah dibandingkan menangani jamur di kemudian hari.

Hal yang sama berlaku untuk dapur dan area binatu. Saat musim hujan, letakkan keset di luar pintu utama rumah Anda dan minta semua orang melepas sepatu di luar. Ini akan mencegah lebih banyak air dan kotoran masuk ke tempat Anda.


3. Gunakan Cat Tahan Jamur

Anda dapat mencegah tumbuhnya jamur di rumah dengan menggunakan cat tahan jamur. Menggunakan cat ini di ruangan paling lembab di rumah bisa sangat membantu menghilangkan jamur.

Cat tahan jamur bagus untuk dinding yang rentan rembesan atau pernah rusak karena air. Hindari menggunakan cat pada bagian yang sudah terlanjur berjamur.

4. Hindari Perabotan Menempel ke Dinding

Selama musim hujan, disarankan untuk menjauhkan furnitur atau perabotan dari dinding yang lembab. Sebaliknya, jika Anda melihat jamur tumbuh di furnitur, segera keluarkan semua barang dan seka area yang terkena jamur dengan campuran 1/2 cangkir pemutih dan satu galon air. Anda juga bisa menggunakan pengikis untuk menghilangkan jamur pada furnitur.

5. Segera Tangani Kebocoran

Satu lagi tips menjaga rumah dari jamur di musim hujan ialah segera menangani kebocoran. Kebocoran saat musim hujan bisa membuat area menjadi lembab termasuk bagian plafon. Hal ini bisa membuat bagian atas rumah Anda berjamur dan kehitaman.

Segera atasi hal tersebut bila terjadi kebocoran di rumah. Anda juga bisa menghubungi pihak yang profesional untuk mengatasi masalah tersebut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)