alexametrics

Jelang Puasa, Jangan Lupa Check Up Kesehatan

loading...
Jelang Puasa, Jangan Lupa Check Up Kesehatan
Puasa Ramadan tinggal beberapa minggu. Untuk tetap sehat, Anda bisa check up kesehatan agar ibadanya berjalan sempurna. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Salah satunya mempersiapkan kesehatan agar puasa berjalan lancar dan mendapatkan manfaatnya.

Bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, dianjurkan untuk check up sebelum menjalankan puasa. Hal ini berlaku bagi pasien diabetes mellitus, darah tinggi, kolesterol tinggi dan asam urat tinggi.

"Juga dengan pasien gangguan asam lambung, seperti mag serta GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Pasien penyakit ini dianjurkan untuk berobat terlebih dahulu agar asam lambungnya terkontrol saat puasa,"  kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Sementara, puasa kerap menjadi alasan penderita mag untuk tidak menjalankannya. Terkait hal ini, dr Ari menekankan bahwa puasa baik untuk kesehatan, termasuk bagi penderita mag. "Justru lebik baik," tegasnya.

Selain itu, persiapan lain yang perlu dilakukan sebelum menjalankan puasa Ramadan adalah menjaga stamina, konsumsi gizi seimbang dan rutin beraktvitas fisik.

"Sebenarnya sama saja, nggak puasa pun kita tetap harus menjaga kesehatan. Saya sering mengatakan dengan pola Cerdik itu," ujar dr Lily S. Sulistyowati, MM.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak