Tomat Ampuh Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi 36%, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 19 Januari 2024 - 08:03 WIB
loading...
Tomat Ampuh Menurunkan...
Konsumsi tomat tiap hari bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau menyadari nilai tekanan darah Anda meningkat, Anda mungkin sudah mencoba strategi modifikasi pola makan dan olahraga untuk menghindari pengobatan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa membatasi natrium dan mengurangi satu sendok teh garam per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sekarang penelitian baru mengatakan bahwa mengonsumsi tomat dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Pakar Sebut Tingkat Stres Gen Z Makin Parah sejak Masa Pandemi Covid-19

Penelitian yang dipimpin oleh tim peneliti biokimia dan diterbitkan pada November 2023 di European Journal of Preventive Cardiology ini meneliti bagaimana kinerja tomat dalam kaitannya dengan pembacaan tekanan darah selama beberapa tahun.

Studi ini mengumpulkan metrik kesehatan dan informasi gaya hidup dari studi diet yang lebih besar sebelumnya di Spanyol, yang mengisolasi lebih dari 7.000 pria dan wanita berusia antara 55 hingga 80 tahun.

Semua peserta dianggap berisiko tinggi terkena tekanan darah tinggi berdasarkan usia dan kondisi lain saat ini seperti diabetes tipe 2, riwayat keluarga, atau pembacaan tekanan darah di masa lalu. Faktanya, lebih dari 80% sudah dianggap menderita hipertensi ketika penelitian dimulai.

Studi ini menganalisis jumlah produk tomat yang dilaporkan dimakan oleh para peserta dan mengukurnya berdasarkan perubahan tekanan darah SBP (sistolik) dan DBP (diastolik). Nilai-nilai ini ditangkap ketika penelitian dimulai, satu tahun kemudian, dan tiga tahun kemudian. Peserta dikategorikan berdasarkan tingkat konsumsi tomat yang mereka laporkan, terendah di bawah 44 gram dan tertinggi di atas 110 gram per hari, yang setara dengan tomat berukuran besar.

Apa yang ditunjukkan oleh data selama tiga tahun penelitian ini adalah bahwa konsumen tomat tertinggi merasakan manfaat terbesar terhadap tekanan darah. Mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi rata-rata memiliki kemungkinan 36% lebih kecil untuk terkena penyakit ini jika mengonsumsi tomat secara teratur, setara dengan sekitar satu tomat ukuran besar per hari.

Penelitian ini juga memberikan temuan yang menjanjikan bagi orang-orang dengan tingkat tekanan darah tinggi yang lebih rendah: Bahkan setengah tomat sehari tampaknya dapat meningkatkan angka tekanan darah mereka. Mereka yang telah didiagnosis menderita hipertensi tingkat 1—140-159 SBP/90-99 DBP mm Hg di Eropa, sedikit lebih tinggi dibandingkan tahap 1 di Amerika (SBP ≥130‐139 mm Hg atau DBP ≥80‐89 mm Hg)—dan tomat tingkat sedang konsumen lebih mungkin melihat tekanan darah mereka menurun dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit tomat.

Namun, mereka yang tergolong hipertensi tingkat 2 dan 3 tidak melihat efek positif yang sama dengan peningkatan konsumsi tomat.

Para penulis berteori bahwa usia populasi, masalah tekanan darah yang sudah berlangsung lama, pengerasan dinding arteri dan perubahan lain terkait penuaan dapat mencegah peningkatan tekanan darah secara keseluruhan hanya dengan konsumsi tomat.

Namun mereka mencatat bahwa konsumen tomat tampaknya membuat pilihan yang lebih sehat secara umum, termasuk mengonsumsi sejumlah kalori yang mendukung pengelolaan berat badan, mengurangi minum kopi dan alkohol, dan makan lebih banyak buah dan sayuran secara keseluruhan, yang mungkin dapat meningkatkan kesehatan dengan cara lain selain dari itu, tekanan darah untuk mereka yang berat badannya lebih tinggi.

Penulis penelitian menyimpulkan bahwa, setidaknya bagi mereka yang tidak memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki tekanan darah rendah, menambahkan tomat ke dalam makanan mereka dapat menjadi cara untuk mencegah kenaikan tekanan darah di masa depan dan dapat berperan dalam pencegahan.

“Pada hipertensi tingkat 1 tanpa komplikasi, modifikasi pola makan adalah kunci dalam penatalaksanaan awal sebelum resep obat; oleh karena itu, konsumsi tomat mungkin menjadi komponen penting dalam rencana makan sehat,” kata tim peneliti.

Baca Juga: 9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Kanker, dari Teh Panas hingga Alat Kontrasepsi

Mereka juga menekankan bahwa setiap hal kecil akan membantu kesehatan jangka panjang, dengan penurunan SBP sebesar 10 mmHg berpotensi mampu “menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20%, penyakit jantung koroner sebesar 17%, stroke sebesar 27%, gagal jantung sebesar 28%. %, dan semua penyebab kematian sebesar 13%.” Angka-angka tersebut patut dikejar jika yang diperlukan hanyalah beberapa gigitan tomat per hari.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Mengapa Berat Badan...
Mengapa Berat Badan Ideal Bisa Menurunkan Risiko Hipertensi? Ini Kata Dokter
Dokter Ungkap Cara Lepas...
Dokter Ungkap Cara Lepas dari Obat Darah Tinggi, Begini Caranya!
Hipertensi Mulai Serang...
Hipertensi Mulai Serang Usia Muda, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Menkes Budi Gunadi Imbau...
Menkes Budi Gunadi Imbau Kurangi Konsumsi Makanan Olahan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan
Waspada Kurma Israel...
Waspada Kurma Israel Ganti Kemasan! Ini Panduan Beli Kurma Agar Tak Tertipu
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Program Nutrisi Esok...
Program Nutrisi Esok Hari Edukasi Pentingnya Pangan Nabati Ramah Lingkungan
Lemonilo Gandeng Karang...
Lemonilo Gandeng Karang Taruna Nasional Salurkan Bantuan Makanan Sehat di Padang
Rekomendasi
Mengapa The All-New...
Mengapa The All-New Lexus ES Bawa Evolusi Sedan Mewah Listrik ke Indonesia?
Didanai Maroko, Nikah...
Didanai Maroko, Nikah Massal Digelar untuk 40 Warga Gaza Penyandang Disabilitas dan Cedera
Fundamental Solid, Perbanas...
Fundamental Solid, Perbanas Tegaskan Kesiapan Perbankan Dukung Ekonomi RI
Berita Terkini
Raffi Ahmad Buka Suara...
Raffi Ahmad Buka Suara soal Kasus Blueray, Tegaskan Tak Pernah Terima Barang Gratis
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Praz Teguh Akui Sudah Kembalikan Uang Saku
Paula Verhoeven Dicecar...
Paula Verhoeven Dicecar 30 Pertanyaan soal Kasus Hanania Group, Ini Pengakuannya!
Jalani Pengajian dan...
Jalani Pengajian dan Siraman, Jennifer Coppen Tampil Anggun dengan Makeup Soft Glam
Dirjen Imigrasi Ungkap...
Dirjen Imigrasi Ungkap Alasan Tyo Nugros Dicekal ke Malaysia
5 Artis Indonesia yang...
5 Artis Indonesia yang Bermasalah Soal Hak Asuh Anak usai Bercerai
Infografis
Air Rebusan yang Paling...
Air Rebusan yang Paling Efektif Menurunkan Darah Tinggi
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved