Catat! Ini Makanan Terbaik untuk Kehamilan Trimester Kedua

Sabtu, 20 Januari 2024 - 07:15 WIB
loading...
Catat! Ini Makanan Terbaik untuk Kehamilan Trimester Kedua
Pola makan yang seimbang dan bergizi selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Pola makan yang seimbang dan bergizi selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Pola makan yang sehat memastikan janin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Makan dengan baik juga mencegah komplikasi kehamilan, termasuk kelahiran prematur, tekanan darah tinggi dan preeklampsia.



Selama hamil , wanita harus memastikan mereka mendapatkan cukup vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat untuk mendorong pertumbuhan yang sehat. Namun, tubuh membutuhkan sedikit lebih banyak kalori selama trimester kedua.

Makan terbaik trimester kedua kehamilan

Selama trimester kedua, ibu hamil harus terus mengonsumsi makanan seimbang. Berikut nutrisi terpenting bagi seseorang yang sedang hamil:

1. Zat besi

Zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, zat besi memasok oksigen ke bayi yang sedang berkembang.

Jika pola makan kurang zat besi, dapat menyebabkan anemia, yang meningkatkan risiko komplikasi, seperti kelahiran prematur dan depresi pasca melahirkan.

Asupan zat besi harian yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 27 miligram (mg).

Sumber zat besi antara lain, daging tanpa lemak, makanan laut yang dimasak, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk roti dan oatmeal.

2. Protein

Pada tahap akhir kehamilan, wanita sebaiknya makan 1,52 gram (g) per kilogram (kg) berat badan setiap hari untuk membantu pertumbuhan otak bayi dan jaringan lainnya. Misalnya, seorang wanita dengan berat badan 79 kg (175 pon) harus mengonsumsi 121 g protein setiap hari.

Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan rahim dan payudara ibu.

Sumber protein yang baik meliputi: daging tanpa lemak, tahu dan tempe, telur, ikan (dimasak, bukan mentah), kacang polong dan buncis

3. Kalsium

Kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan adalah 1.000 mg. Siapa pun yang berusia kurang dari 18 tahun, yang sedang hamil, sebaiknya mengonsumsi 1.300 mg kalsium setiap hari.

Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi bayi, serta berperan dalam kelancaran otot, saraf dan sistem peredaran darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)