7 Jajanan Terenak Indonesia Versi TasteAtlas, Salah Satunya Tempe Mendoan

Sabtu, 20 Januari 2024 - 09:15 WIB
loading...
7 Jajanan Terenak Indonesia Versi TasteAtlas, Salah Satunya Tempe Mendoan
Indonesia memiliki makanan yang beragam, di mana setiap daerah memiliki ciri khas. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Indonesia bisa dibilang surga kuliner . Ini karena kekayaan makanan Indonesia, di mana setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dalam menyajikan kuliner yang beragam dan memanjakan lidah.

Bukan hanya kuliner makanan berat, seperti rendang dan gudeg, jajanan Tanah Air juga banyak digemari, bahkan oleh masyarakat mancanegara.



Berikut ini jajanan Indonesia yang masuk daftar jajanan Indonesia terbaik versi TasteAtlas, dikutip pada Sabtu (20/1/2024).

Jajanan Terbaik Indonesia

1. Batagor

Bandung memang surganya kuliner. Salah satu kuliner asal Bandung yaitu Batagor, menduduki posisi pertama sebagai jajanan Indonesia terbaik. Kreasi olahan ikan dengan kulit pangsit ini memang seperti mirip dengan pangsit asal Tiongkok, tapi yang membedakannya yaitu digoreng. Biasanya batagor disajikan juga dengan siomay dan sayuran. Bumbu kacang yang kental dan manis gurih pun menjadi pelengkap jajanan ini.

2. Roti Canai

Kreasi roti pipih yang digoreng atau dipanggang ini memberikan sensasi renyah sekaligus lembut ketika dimakan. Maka tak heran mengapa Roti Canai masuk ke deretan jajanan terbaik. Meski dikenal dari India, Roti Canai ini juga memiliki versi tersendiri di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Di Indonesia sendiri, jajanan ini dikreasikan dengan menggunakan toping selai atau keju.

3. Pempek

Kuliner asal Palembang, Pempek sudah tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Jajanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri dengan tepung tapioka, biasanya ditambah dengan cuko yang rasanya asam manis dengan sedikit pedas. Jajanan ini sangat cocok bagi Anda yang bosan mengkonsumsi ikan dengan cara digoreng atau dibakar.

4. Serabi

Serabi adalah jajanan tradisional Indonesia yang mirip layaknya pancakes. Meski yang terkenal serabi asal Jawa Barat, tetapi berbagai daerah di Indonesia juga memiliki kuliner khas serabi yang bervariasi. Biasanya serabi disajikan dengan sirup kinca berbahan dasar durian atau kelapa. Namun seiring berjalannya waktu, kreasi serabi sudah ditambahkan toping-toping modern.

5. Pisang Goreng

Siapa yang tak kenal dengan jajanan yang satu ini? Pisang goreng merupakan jajanan khas Indonesia yang terbuat dari pisang yang dilumuri tepung yang digoreng garing. Jajanan in sangat mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Perpaduan tekstur yang lembut sekaligus renyah bikin siapapun yang makan ketagihan.


6. Keripik

Keripik juga masuk ke deretan jajanan Indonesia terbaik lho. Umumnya keripik identik dengan singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga garing. Jajanan in ditambah dengan bumbu balado atau tambahan bubuk bumbu yang gurih. Meski begitu, sekarang banyak sekali jenis keripik, seperti keripik dari buah, sayur, bahkan umbi-umbian juga ada lho.

7. Tempe Mendoan

Jajanan tempe mendoan berasal dari Pulau Jawa khususnya di daerah Banyumas. Tempe yang berasal dari fermentasi kedelai dibalut dengan tepung dengan daun bawang dan wangi ketumbar. Uniknya, tempe mendoan digoreng tidak terlalu kering, sehingga teksturnya kenyal sekaligus lembut. Disantap dengan kecap dan cabai bisa menambah kenikmatannya lho.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2837 seconds (0.1#10.140)