Apakah Nasi Menyebabkan Gula Darah Naik? Ini Faktanya

Senin, 22 Januari 2024 - 05:00 WIB
loading...
Apakah Nasi Menyebabkan Gula Darah Naik? Ini Faktanya
Nasi menyebabkan gula darah naik sehingga sering dihindari oleh penderita diabetes. Akibatnya, makanan ini dianggap tidak menyehatkan meski membuat kenyang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Nasi menyebabkan gula darah naik sehingga sering dihindari oleh penderita diabetes. Akibatnya, makanan ini dianggap tidak menyehatkan meski membuat kenyang dan sumber karbohidrat utama, terutama karbohidrat kompleks.

Karena nasi menyebabkan gula darah naik , banyak penderita diabetes yang mengganti makanan pokok ini dengan yang lebih menyehatkan. Ketika mengonsumsi nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh mengubah karbohidrat tersebut menjadi glukosa.

Ini kemudian masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Dilansir dari Health Line, Senin (22/1/2024) ada dua jenis karbohidrat utama dalam nasi yakni karbohidrat sederhana dan kompleks.

Nasi putih, misalnya, memiliki karbohidrat sederhana yang dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah karena cepat dicerna dan diserap oleh tubuh. Sebaliknya, nasi merah atau nasi coklat mengandung karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna.



Apakah Nasi Menyebabkan Gula Darah Naik? Ini Faktanya

Foto/Infografis SINDOnews

Karbohidrat kompleks membuat gula darah naik lebih lambat dan lebih stabil. Selain itu, nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat.

Sedangkan nasi merah atau nasi coklat memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Ini karena mengandung serat dan nutrisi tambahan, sehingga memberikan efek yang lebih lambat pada gula darah.

Di sisi lain, nasi merah atau nasi coklat mengandung serat lebih banyak daripada nasi putih. Serat membantu mengurangi laju penyerapan glukosa, sehingga menghambat peningkatan kadar gula darah.

Nasi putih seringkali mengalami lebih banyak pengolahan, menghilangkan sebagian besar serat dan nutrisi. Proses ini membuat nasi putih memiliki efek yang lebih cepat terhadap kenaikan gula darah.



Bagi orang dengan diabetes atau yang memiliki masalah dengan kontrol gula darah, penting untuk memperhatikan jenis nasi dan jumlahnya dalam pola makan mereka. Mencoba memilih nasi yang lebih berserat dan karbohidrat kompleks dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, menggabungkan nasi dengan protein, lemak sehat, dan sayuran dalam makanan dapat membantu mengurangi dampak kenaikan gula darah. Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)