Ini Penyebab Leher Menghitam dan Cara Mengatasinya, Bisa Berkaitan dengan Diabetes

Senin, 22 Januari 2024 - 15:33 WIB
loading...
Ini Penyebab Leher Menghitam dan Cara Mengatasinya, Bisa Berkaitan dengan Diabetes
Leher menghitam bukan hanya terjadi karena kurangnya merawat kulit, tapi juga adanya gangguan kesehatan tertentu. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Leher hitam adalah permasalahan kulit yang sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Leher menghitam bukan hanya terjadi karena kurangnya merawat kulit, tapi juga adanya gangguan kesehatan tertentu.

Dokter Umum & Konsultan Gaya Hidup Sehat dr Prama Aditya, B.Med.Sc., Mkes. menjelaskan, munculnya warna hitam di bagian leher disebabkan karena terlalu banyak memakan karbohidrat.

"Jadi lipatan kulit yang menghitam itu pertanda bahwa kondisi tubuh kamu sudah terlalu banyak kadar hormon insulinnya," ujar dr Prama, seperti dikutip dari akun TikTok @desykusuma29, Senin (22/1/2024).



Dokter Prama menambahkan, biasanya penyebab kondisi tersebut karena gudang-gudang penampung gula di dalam tubuh sudah dipenuhi oleh berbagai gula yang Anda makan.

"Bisa dari tepung, karbohidrat, atau dari gula itu sendiri," tambahnya.

Lebih lanjut dr. Prama mengatakan, selain di leher, kulit kehitaman juga muncul di sendi jari, lipatan ketiak, atau lipatan selangkangan.

"Jadi sebenarnya lipatan hitam ini bukan karena kamu nggak mandi tapi karena kandungan insulinnya kebanyakan, sehingga bikin reaksi kimia yang membuat kulit menjadi menghitam," tuturnya.

Sementara itu, dilansir dari Healthline, kondisi kulit menghitam disebut Acanthosis Nigricans (AN) dan banyak dialami para penderita pra diabetes atau diabetes.

Selain itu, kulit menghitam di bagian leher juga bisa disebabkan oleh penanganan dermatitis yang lalai. Hal ini terjadi setelah keringat, bakteri, sebum, dan zat lain menumpuk karena kurangnya kebersihan. Kelainan ini mudah diobati dengan menggosok area tersebut menggunakan sabun, air, atau alkohol dan dicegah dengan menjaga kebersihan pribadi.



Dan yang terakhir juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat-obatan. Obat-obatan yang bisa menyebabkan perubahan warna kulit seperti obat antiinflamasi nonsteroid, fenitoin, antimalaria amiodaron, obat antipsikotik, dan tetrasiklin. Perubahan warna bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk leher.

Lantas bagaimana cara mengatasi leher yang menghitam?

Dalam beberapa kasus, perubahan warna dapat hilang ketika kondisi ini diobati, atau dalam kasus hiperpigmentasi akibat obat, ketika pengobatan dihentikan. Misalnya, sebagian besar AN disebabkan oleh resistensi insulin, yang sering kali dapat diatasi dengan penurunan berat badan.

Anda juga bisa rutin scrub kulit, perawatan laser, menggunakan obat yang mengandung asam salisilat, Retin-A, asam alfa, dan juga rutin menggunakan peeling.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)