Bagian Ayam dengan Kandungan Paling Tinggi Protein, Paha atau Dada?

Senin, 22 Januari 2024 - 17:07 WIB
loading...
Bagian Ayam dengan Kandungan Paling Tinggi Protein, Paha atau Dada?
Bagian ayam dengan kandungan paling tinggi protein banyak dipilih, apakah dada, paha atau sayap? Foto/ sndimg
A A A
JAKARTA - Bagian ayam dengan kandungan paling tinggi protein dipilih banyak orang untuk kesehatan. Lalu, bagian ayam yang mana yang tinggi protein , apakah dada, paha atau sayap?

Setiap potongan mengandung jumlah protein , lemak dan kalori yang berbeda, sehingga masing-masing potongan bekerja paling baik untuk tujuan yang berbeda.



Diketahui, makanan berprotein tinggi dapat membantu mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran, seperti membentuk otot, mempertahankan otot dan menghilangkan lemak. Dikutip heathline, berikut ulasannya.

Bagian ayam tinggi protein

1. Dada Ayam: 54 Gram Protein

Dada ayam adalah salah satu potongan ayam yang paling populer. Dada ayam matang tanpa kulit (172 gram) mengandung 54 gram protein. Ini sama dengan 31 gram protein per 100 gram.

Dada ayam juga memiliki 284 kalori atau 165 kalori per 100 gram. 80% kalorinya berasal dari protein, sedangkan 20% berasal dari lemak.

Dada ayam sangat populer di kalangan binaragawan dan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah kalori membuat Anda bisa makan lebih banyak ayam tanpa khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori.

2. Paha Ayam: 13,5 Gram Protein

Paha ayam adalah potongan daging populer lainnya yang harganya sedikit lebih murah daripada dada ayam.

Satu paha ayam matang tanpa kulit, tanpa tulang (52 gram) mengandung 13,5 gram protein. Ini sama dengan 26 gram protein per 100 gram.

Paha ayam juga memiliki 109 kalori per paha atau 209 kalori per 100 gram. 53% kalori berasal dari protein, sedangkan 47% berasal dari lemak.

Menariknya, paha ayam memiliki warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan dada ayam. Hal ini dikarenakan ceker ayam lebih aktif dan mengandung lebih banyak mioglobin. Molekul ini membantu menyediakan oksigen pada otot yang aktif dan juga membuatnya lebih merah.

Beberapa orang berpendapat bahwa warna gelap pada paha ayam memberi rasa yang lebih lezat.

3. Paha ayam bawah: 12,4 Gram Protein

Kaki ayam memiliki dua bagian – paha dan paha. Stik drum adalah bagian bawah kaki ayam yang disebut juga betis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)