3 Perbedaan Buah Tin dan Zaitun, Karakteristik hingga Manfaatnya

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:16 WIB
loading...
3 Perbedaan Buah Tin dan Zaitun, Karakteristik hingga Manfaatnya
Buah tin dan zaitun dikenal memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Buah tin dan zaitun dikenal memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kedua jenis buah ini juga diketahui pernah disebutkan dalam kitab suci umat Islam, Alquran.

Kendati disebutkan seperti satu paket, antara buah tin maupun buah zaitun ternyata memiliki sejumlah perbedaan yang mendasar. Tak hanya dari pengertiannya, namun juga mengarah ke kandungan hingga beragam manfaatnya.

Lalu, apa saja perbedaan buah tin dan zaitun? Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (23/1/2024), berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.


Perbedaan Buah Tin dan Zaitun

1. Karakteristik

Buah tin biasa juga dikenal dengan sebutan buah ara. Jenis buah ini umumnya tumbuh di wilayah tropis atau subtropis, contohnya seperti kawasan Timur Tengah.

Buah tin memiliki bentuk yang terbilang menarik. Sekilas mirip buah pir, namun punya lubang kecil di bagian atas yang dikenal sebagai ostiole.

Daging buah tin berwarna merah muda dengan balutan biji-biji kecil. Untuk rasanya, buah ini manis dan punya tekstur sedikit kenyal.

Sementara itu, buah zaitun memiliki banyak jenis berbeda yang tersebar di sekitar Laut Tengah. Pohonnya disebut berumur panjang dan dapat dipanen untuk masa yang jangka waktu yang cukup lama.

2. Pengolahan

Ada sejumlah cara yang digunakan untuk menikmati buah tin. Salah satunya adalah memakannya secara langsung ketika masih segar.

Selain itu, buah tin juga bisa dikeringkan terlebih dulu sebelum dinikmati. Jika ingin olahan yang variatif, buah ini dapat dijadikan jus ataupun diambil ekstraknya.

Beralih ke zaitun, buah ini sebenarnya juga bisa dimakan langsung. Namun, kebanyakan orang lebih memilih mengawetkannya sebagai penyegar dan minyak.

Ketika buah zaitun sudah tua, minyaknya bakal diekstrak menjadi minyak zaitun. Jenis minyak ini umumnya cukup dikenal orang untuk berbagai keperluan.

3. Kandungan dan Khasiat

Buah tin kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah serat tinggi yang bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)