Dengar Keluhan Pegiat Wisata Gunungkidul soal Promosi, Ganjar Siap Atasi lewat Program Internet Gratis

Selasa, 23 Januari 2024 - 15:51 WIB
loading...
Dengar Keluhan Pegiat Wisata Gunungkidul soal Promosi, Ganjar Siap Atasi lewat Program Internet Gratis
Ribuan pegiat wisata di Gunungkidul, Yogyakarta, menyuarakan keluh-kesah mereka kepada capres 2024 dengan nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke Objek Wisata Goa Ngingrong Desa Wisata Mulo Gunungkidul, Senin (22/1/2024) malam. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ribuan pegiat wisata di Gunungkidul, Yogyakarta, menyuarakan keluh-kesah mereka kepada capres 2024 dengan nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke Objek Wisata Goa Ngingrong Desa Wisata Mulo Gunungkidul, Senin (22/1/2024) malam.

Mereka menyampaikan kendala yang selama ini dihadapi, yaitu promosi tempat wisata di daerah tersebut. Beberapa faktor yang menjadi kendala dalam mempromosikan tempat wisata adalah minimnya fasilitas internet dan pengetahuan. Gara-gara itu, Objek Wisata Goa Ngingrong menjadi kurang berkembang dan tak banyak diketahui publik. Padahal objek wisata tersebut sudah diakui oleh UNESCO.

"Kami ini punya obyek wisata Goa Ngingrong yang sudah diakui UNESCO. Ini goa yang di dalamnya ada sungai dan telaga bawah tanah. Tapi sayang, lokasi ini masih sepi Pak, ramai hanya akhir pekan," jelas Oki, salah satu pengelola Obyek Wisata Goa Ngingrong Gunungkidul.



Tak cuma itu, sumber daya manusianya pun dianggap belum optimal karena minimnya fasilitas internet untuk mengikuti perkembangan teknologi terkini. Oki juga menyampaikan harapannya kepada Ganjar agar membangun program yang dikhususkan untuk pengembangan desa wisata dan pelatihan bagi kaum muda agar dapat membantu perkembangan wisata di daerah mereka.

"Apa program Bapak ke depan untuk pengembangan desa wisata? Kami ingin mendengar," tanya Oki.

Mendengar keluh-kesah Oki dan para pegiat wisata lain membuat Ganjar semakin yakin untuk menaruh program pengembangan desa, terkhusus desa wisata agar menjadi prioritasnya jika terpilih menjadi presiden Indonesia. Dengan tegas Ganjar menyatakan, kemajuan pembangunan Indonesia harus dimulai dari pembangunan desa.

"Kalau soal promosi memang penting. Makanya, kami punya program internet supercepat, gratis, dan merata. Mau tidak punya internet cepat dan gratis? Tenang, nanti ada program itu," kata Ganjar.



"Mau banget Pak, cocok Pak buat kita," sahut Oki dan ribuan warga lain sambil tepuk tangan.

Pasangan Ganjar-Mahfud memang memiliki program unggulan internet supercepat, gratis, dan merata. Program itu bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan di Indonesia, termasuk desa wisata.

Melalui program tersebut, diharapkan berbagai keindahan desa di seluruh Indonesia dapat diketahui dunia dan semakin meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung.

"Nanti anak muda dilatih, kami buatkan creative hub di seluruh daerah sebagai tempat mereka berkarya dan berkreasi. Nanti mereka diajari ngonten, diajari promosi dan mengenalkan potensi daerah masing-masing dengan segala kearifan lokalnya," pungkas Ganjar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)