5 Manfaat Mencuci Rambut dengan Air Kelapa yang Jarang Diketahui

Rabu, 24 Januari 2024 - 09:32 WIB
loading...
5 Manfaat Mencuci Rambut dengan Air Kelapa yang Jarang Diketahui
Air kelapa ternyata bisa digunakan untuk mencuci rambut. Foto Ilustrasi/Cocosoul
A A A
JAKARTA - Air kelapa sering dikonsumsi sebagai minuman. Namun, air ini ternyata juga bisa digunakan untuk mencuci rambut.

Mencuci rambut menggunakan air kelapa memang terdengar antimainstream. Sepertinya hal ini masih sangat jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, tanpa disadari, ternyata banyak sekali manfaat mencuci rambut menggunakan air kelapa.

Mengutip laman Times of India, Rabu (24/1/2024), mencuci rambut menggunakan air kelapa adalah alternatif alami dan menyegarkan untuk merawat rambut secara tradisional. Dengan mencuci rambut menggunakan air kelapa, maka rambut bisa menjadi lebih sehat. Hal ini karena air kelapa mengandung kalium, magnesium, mangan, vitamin C, serta L-arginin yang bisa bantu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Untuk mengetahui manfaat lebih jelas dari air kelapa untuk rambut, simak rangkuman informasi berikut ini.


1. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Air kelapa mengandung nutrisi penting seperti kalium dan magnesium, yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Nutrisi ini menyehatkan folikel rambut, merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lebih kuat. Penggunaan air kelapa secara teratur sebagai pencuci rambut dapat berkontribusi pada kunci yang lebih tebal dan lebih panjang.

2. Mengurangi Kerontokan Rambut

Rambut rontok dapat dikaitkan dengan berbagai faktor, termasuk stres, kekurangan nutrisi, dan kesehatan kulit kepala yang buruk. Sifat bergizi dari air kelapa dapat membantu mengatasi masalah ini, berpotensi mengurangi kerontokan rambut. Ini memperkuat rambut dari akar, meminimalkan kerontokan.

3. Mengembalikan Keseimbangan pH

Tingkat pH air kelapa sangat mirip dengan pH alami rambut dan kulit kepala. Menggunakan air kelapa sebagai pencuci rambut membantu mengembalikan keseimbangan pH, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk rambut sehat. Tingkat pH yang seimbang berkontribusi pada rambut yang lebih halus, lebih berkilau, dan lebih mudah diatur.


4. Menambahkan Kilau

Efek hidrasi dan pengkondisian air kelapa berkontribusi pada peningkatan kilau. Penggunaan air kelapa secara teratur dapat mengubah rambut kusam dan tak bernyawa menjadi rambut yang berkilau dan bersemangat. Itu membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dan lebih bercahaya.

5. Lembut di Kulit Kepala

Tidak seperti beberapa produk rambut komersial yang mungkin mengandung bahan kimia keras, air kelapa lembut di kulit kepala. Cocok untuk semua jenis rambut, termasuk kulit kepala sensitif. Menggunakan air kelapa sebagai pencuci rambut memberikan pengalaman pembersihan yang alami dan menenangkan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)