Alasan Lansia Sering Mengalami Kaki Bengkak, Begini Cara Mengatasinya

Kamis, 25 Januari 2024 - 15:29 WIB
loading...
Alasan Lansia Sering Mengalami Kaki Bengkak, Begini Cara Mengatasinya
Tidak sedikit lansia mengeluhkan kaki bengkak. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? Foto/ wp
A A A
JAKARTA – Tidak sedikit para lanjut usia atau lansia mengeluhkan masalah pada kaki bengkak . Lalu, apa yang menjadi penyebab dan bagaimana mengatasinya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Zubairi Djoerban mengatakan kaki bengkak pada lansia memang sering terjadi dan penyebabnya bermacam-macam.



“Pertama, pada fungsi ginjal di usia lanjut sudah mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nah pada saat itulah fungsi ginjal mulai terganggu,” kata Zubairi Djoerban, dikutip dalam akun X @ProfesorZubairi, Kamis (25/1/2024).

Zubairi Djoerban menjelaskan, terganggunya fungsi ginjal membuat sebagian cairan dalam tubuh akan tergenang dan memengaruhi bagian kaki. Sehingga menimbulkan adanya edema atau pembengkakan, hal ini dikarenakan pada usia lanjut fungsi ginjal sudah menurun.

Cara mengatasi kaki bengkak

Zubairi Djoerban menyarankan agar tiap masyarakat lanjut usia mulai mengatur konsumsi garam. Bisa jadi penderita kaki bengkak memiliki kadar natrium yang rendah.

“Kalau kadarnya rendah, maka tidak boleh pantang garam. Biasanya pada usia lanjut, kadar garam pada tubuh bisa rendah. Berbeda jika kondisi kadar garamnya normal, maka untuk menghindari edema harus kurangi garam,” ucap Zubairi Djoerban.

Selain itu, faktor albumin yang kurang juga dapat mempengaruhi kondisi kaki bengkak. Untuk itu, sangat penting agar seseorang mencari tahu terlebih dahulu, apakah gangguan tersebut berasal pada hati atau ginjal. Selanjutnya apabila masalah itu sudah diketahui penyebabnya baru bisa diperbaiki.

Di sisi lain, adanya pembekuan pembuluh darah di bagian betis dapat mempengaruhi seseorang mengalami bengkak pada kaki. Kondisi ini disebut deep vein tromboflebitis, di mana pengobatannya harus diserahkan kepada dokter.



“Ada obat antipembekuan seperti heparin. Kemudian dilanjutkan obat-obatan pil untuk sekitar enam bulan. Jadi, intinya harus dicari dulu sebab pembengkakan kaki pada usia lanjut. Apakah karena ginjal, kelainan pembuluh darah betis, liver atau masalah lain. Kemudian baru diobati,” tutur Zubairi Djoerban.

“Kadang dokter sesekali memberikan obat diuretik misalnya furosemide atau untuk pasien yang memiliki gangguan jantung kadang-kadang diberikan obat spironolactone,” kata dia lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)