Tips Mengobati Jerawat di Dahi, Jangan Kelamaan Kena Sinar Matahari

Sabtu, 27 Januari 2024 - 23:43 WIB
loading...
Tips Mengobati Jerawat di Dahi, Jangan Kelamaan Kena Sinar Matahari
Ada pengobatan alami yang dapat mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat. Foto/ times of india
A A A
JAKARTA - Jerawat di dahi bisa membuat frustasi, namun beberapa pengobatan alami dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

Jerawat di dahi pertama kali muncul seperti jerawat biasa. Biasanya terjadi ketika kelenjar kecil di bawah kulit tersumbat.



Jerawat atau jerawat ini banyak ditemukan di dahi, meski bisa juga terlihat di bagian tubuh mana pun. Jerawat di dahi ini biasanya disebabkan oleh kebersihan yang buruk, ketidakseimbangan hormon, stres, dan banyak faktor lainnya. Gen juga dapat memainkan peran yang sangat penting dalam timbulnya jerawat di dahi.

Penyebab jerawat di dahi

Musim dingin melihat peningkatan jerawat di dahi. Hal ini sebagian besar disebabkan karena tidak sering mencuci rambut. Musim dingin membawa masalah seperti ketombe.

Serpihan kecil ketombe ini mungkin jatuh ke dahi dan menyebarkan kuman serta menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini dapat mengakibatkan terbentuknya jerawat dan komedo di dahi.

Dilansir times of india, jerawat di dahi juga disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, serta mengalami peradangan—sama seperti jerawat di bagian lain wajah atau tubuh.

Penyebab utama produksi minyak berlebih adalah faktor genetik dan hormon. Hormon-hormon ini biasanya memicu tubuh memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga dapat memicu pertumbuhan bakteri dan peradangan di dahi. Faktor lain seperti kebiasaan makan, lingkungan, menyentuh dahi, atau kurang mencuci sarung bantal juga bisa menyebabkan keringat dan sebum terjebak di dahi sehingga menyebabkan munculnya jerawat tersebut.

Obat alami mengatasi jerawat di dahi

Karena sifat antibakteri, minyak pohon teh mungkin dapat membantu melawan mikroorganisme penyebab jerawat. Dengan menggunakan kapas, oleskan beberapa tetes minyak pohon teh yang diencerkan dengan minyak pembawa (seperti jojoba atau minyak kelapa) ke daerah yang terkena. Kualitas antioksidan dan anti-inflamasi berlimpah dalam teh hijau. Buatlah secangkir teh hijau, biarkan dingin, dan gunakan bola kapas untuk mengoleskannya ke dahi Anda atau gunakan sebagai pembersih wajah yang ringan. Kunyit memiliki kualitas antibakteri dan anti-inflamasi. Campurkan bubuk kunyit dengan madu atau air untuk membuat pasta. Setelah mengoleskan pasta ke daerah yang terkena dan diamkan selama sepuluh hingga lima belas menit, bilas.

“Pilihlah Obat Bebas dengan berkonsultasi dengan dokter kulit Anda yang akan meresepkan obat bebas berdasarkan tingkat keparahan jerawat atau akar penyebabnya. Asam glikolat sangat efektif untuk mengatasi jerawat ringan hingga parah. Ini juga tersedia dalam bentuk topikal. Gunakan gel, losion, atau krim yang mengandung bahan kimia ini untuk menghilangkan jerawat di dahi. Asam salisilat juga merupakan bahan utama lainnya yang sangat efektif dalam mengobati segala bentuk jerawat, terutama jerawat di dahi,” kata Ritu Khariyan, ahli kosmetik terkenal.

Benzoil peroksida sangat efektif dalam pengobatan jerawat karena efektif mengatasi jerawat berjerawat dan papula, serta pori-pori tersumbat. Ini membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit, membantu mencegah jerawat serta peradangan lebih lanjut.

Untuk menggunakan bahan-bahan tersebut, pastikan untuk mencuci muka sehari sekali dengan pembersih benzoil peroksida saat Anda berjerawat. Ini bisa membuat kulit kering, jadi selalu pastikan untuk melapisinya dengan pelembab dan hindari menggunakan bahan kimia exfoliant atau retinoid kuat lainnya pada malam yang sama.

Pengelupasan kimia

Pengelupasan kimiawi adalah alternatif yang baik dibandingkan dengan terapi laser untuk mengatasi jerawat di dahi. Ini menghilangkan lapisan atas kulit dan memperlihatkan kulit di bawahnya. Perawatan ini meregenerasi kulit untuk menghilangkan segala jenis jerawat, terutama jerawat di dahi. Namun lakukan perawatan ini sesuai dengan jenis kulit dan tingkat keparahan masalahnya, dokter kulit akan menyarankan pengelupasan kimiawi yang paling cocok untuk Anda.


Tips mencegah jerawat di dahi

Jangan pernah menggunakan produk komedogenik karena cenderung menyumbat pori-pori kulit. Ini juga mengisi pori-pori kulit dengan kotoran, bakteri, dan minyak. Jangan memakai aksesoris berat, riasan, atau produk apa pun yang dapat mengiritasi kulit dahi saat berjerawat di dahi yang juga dapat menyebabkan berjerawat. Jangan berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang baik untuk menghindari paparan sinar matahari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)