5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Senin, 29 Januari 2024 - 08:40 WIB
loading...
5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun
Perceraian termahal di dunia kerap mengejutkan banyak orang. Selain kabar perpisahan, jumlah tunjangan yang harus dibayarkan pun mencapai triliunan rupiah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Perceraian termahal di dunia kerap mengejutkan banyak orang. Selain kabar perpisahan artis atau tokoh publik, jumlah tunjangan yang harus dibayarkan pun mencapai triliunan rupiah kepada pasangan mereka.

Belum lagi proses hukum yang panjang menjadikan sejumlah perpisahan masuk ke dalam daftar perceraian termahal di dunia . Setidaknya dalam beberapa kasus, orang-orang kelas atas harus membagi setengah kekayaan mereka.

Entah mereka bercerai karena perbedaan yang tidak dapat didamaikan, skandal perselingkuhan, atau tuduhan pelecehan, sederet artis dan tokoh publik menghabiskan jutaan dolar untuk memastikan bahwa aset mereka yang tak terhitung jumlahnya dibagi secara adil di antara kedua belah pihak.

Perceraian Termahal di Dunia



Berikut perceraian termahal di dunia dilansir dari Times of India, Senin (29/1/2024).



1. Amber Heard dan Johnny Depp

5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Foto/Getty Images

Amber Heard dan Johnny Depp menikah selama 15 bulan. Namun, perceraian mereka merupakan salah satu perceraian paling berantakan yang menyita banyak perhatian publik. Pada 2016, Amber Heard mengajukan gugatan cerai dari Johnny Depp dan dia mendapatkan USD7 juta atau Rp110 miliar yang kemudian disumbangkan untuk amal.

Namun perceraian mereka tidak mudah, karena Heard dan Depp saling menuduh melakukan kekerasan. Mantan pasangan ini melewati 2020 dan 2021 berjuang di pengadilan untuk kasus melawan surat kabar The Sun yang menyebut Depp sebagai "pemukul istri". Johnny Depp kalah dalam kasus ini dan mengajukan banding.

Pada 2022, Heard dan Depp kembali ke pengadilan untuk kasus pencemaran nama baik yang diajukan Depp terhadap Heard atas artikel opini yang dia tulis di Washington Post pada 2018. Di mana Heard menulis tentangnya dan kekerasan dalam rumah tangga yang dia rasakan, tanpa menyebutkan nama mantan suaminya.

Pada bulan Juni, juri menyimpulkan bahwa Heard memang mencemarkan nama baik Depp sehingga Heard diminta membayar ganti rugi sebesar USD15 juta atau Rp237 miliar, yang kemudian dikurangi menjadi USD10,35 juta atau Rp163 miliar. Heard kemudian mengajukan gugatan balik, di mana dia memenangkan satu dari tiga kasus pencemaran nama baik dan dia diberi USD2 juta atau Rp31 miliar.

Meskipun Heard dan Depp mengajukan banding lagi, pada Desember 2022 Heard menceritakan bahwa dia telah menyelesaikan masalah tersebut dengan Depp. Akhirnya, Heard harus membayarnya USD1 juta atau Rp15 miliar yang disumbangkan Depp untuk amal.

2. Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dan Putri Haya binti al-Hussein

5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Foto/Tatler

Penguasa kaya Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum bercerai dari Putri Haya binti al-Hussein pada Desember 2021. Dia diharuskan membayar USD728 juta atau Rp11 triliun kepada mantan istrinya.

Perpisahan mereka bukanlah perpisahan yang mudah karena Sheikh Mohammed dituduh melakukan perselingkuhan dan ancaman. Sehingga penyelesaian perceraian memakan waktu bertahun-tahun.

Berdasarkan laporan CNN, USD728 juta yang dibayarkan Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum kepada Putri Haya binti al-Hussein akan digunakan untuk menutupi biaya keamanan Putri Haya selama sisa hidupnya, serta biaya berkelanjutan untuk kedua anak mereka.



3. Bill Gates dan Melinda French Gates

5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Foto/Getty Images

Salah satu pendiri Microsoft sekaligus miliarder Bill Gates dan Melinda French Gates mengumumkan perceraian mereka pada 3 Mei 2021. Keduanya memutuskan bercerai setelah 27 tahun menikah sehingga mengejutkan semua orang.

Sesuai laporan, dokumen pengadilan mengatakan bahwa mantan pasangan tersebut memiliki perjanjian pemisahan harta pribadi, tetapi mereka tidak memiliki perjanjian pranikah. Mengenai perceraian mereka, mantan pasangan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan terus menjalankan yayasan mereka bersama, yang disebut Gates Foundation.

Yayasan itu bergerak untuk membantu di seluruh dunia. Gates Foundation bernilai lebih dari USD40 miliar atau Rp632 triliun. Sesuai laporan, meskipun kekayaan Bill Gates lebih dari USD130,5 miliar atau Rp2 kuadriliun, Bill dan Melinda bersama-sama memiliki banyak properti bernilai jutaan dolar. Mereka juga orang tua dari tiga anak yang sudah dewasa.

4. Madonna dan Guy Ritchie

5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Foto/Getty Images

Perceraian penyanyi-penulis lagu dan aktris Amerika, Madonna dengan mantan suaminya, Guy Ritchie adalah salah satu perceraian termahal di dunia. Mantan pasangan itu menikah pada 2000.

Mereka kemudian bercerai pada 2008. Perpisahan mereka terjadi secara intens, dan menurut laporan, Madonna membayar Guy Ritchie antara USD76 juta hingga USD92 juta atau Rp1,2 triliun hingga Rp1,4 triliun. Ini belum semuanya karena keduanya juga terlibat dalam perebutan hak asuh atas putra mereka, Rocco.



5. Jeff Bezos dan Mackenzie Scott

5 Perceraian Termahal di Dunia, Jeff Bezos Beri Tunjangan Rp569 Triliun

Foto/Getty Images

Salah satu orang terkaya di dunia dan CEO Amazon, Jeff Bezos dan novelis serta filantropis Amerika Mackenzie Scott mengumumkan perceraian mereka setelah 25 tahun menikah. Kabar mengejutkan ini diumumkan pada 2019.

Mengingat Jeff adalah orang terkaya di dunia pada bulan Juni 2018, perceraiannya adalah yang mahal. Sesuai laporan, Jeff memberi Mackenzie USD36 miliar atau Rp569 triliun setelah perceraian mereka selesai, yang menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia.

Namun, Mackenzie mendonasikan USD1,7 miliar atau setara dengan Rp26 triliun untuk amal pada Juni 2020. Dia terus mendonasikan uang tersebut ke LSM.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)