10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Pembengkakan pada Kaki

Selasa, 30 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Pembengkakan pada Kaki
Mengonsumsi semangka menjadi penting bagi ibu hamil. Ini karena banyak manfaat kesehatannya. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan seimbang, seperti buah-buahan saat hamil menjadi penting. Ini karena banyak manfaat kesehatan makan buah selama kehamilan.

Salah satu buah yang memiliki manfaat bagi wanita hamil adalah semangka. Seperti namanya, semangka merupakan buah dengan 92% air dan 100% rasa, menjadikannya salah satu makanan rendah kalori terbaik.



Buah ini merupakan sumber nutrisi penting yang sangat baik, termasuk vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium.

Semangka juga mengandung serat yang tinggi, sehingga menjadikannya bagian dari klan 'pengisi perut'. Biji buah ini renyah dan bisa dimakan seluruhnya.

Manfaat Semangka untuk Kehamilan

1. Meringankan sakit jantung

Semangka membantu meredakan sakit jantung selama kehamilan, menenangkan perut dan saluran pencernaan.

Wanita hamil menderita berbagai masalah kesehatan pencernaan, seperti keasaman dan mulas. Semangka memiliki sifat mendinginkan yang membantu meringankan masalah ini dan memberikan bantuan instan.

2. Mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan

Edema atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot sehingga membantu mencegah edema.

3. Mengurangi morning sickness

Semangka, dikonsumsi di pagi hari, memberikan awal hari yang sangat menyegarkan, menenangkan dan ringan. Ini juga mengandung sifat nutrisi dan memberi energi yang mencegah terjadinya mual di pagi hari.

4. Mencegah dehidrasi

Semua ibu hamil disarankan untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan kontraksi dini dan menyebabkan kelahiran prematur.

5. Mengurangi kram otot

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beragam perubahan. Berat badan berlebih dan perubahan hormonal dapat menyebabkan otot dan tulang terasa nyeri.

Mengonsumsi semangka dalam bentuk apa pun membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan meredakan nyeri.

6. Mencegah pigmentasi

Banyak wanita hamil menderita kulit berpigmen. Masalah menjengkelkan ini bisa menghilangkan kebahagiaan kehamilan.

Semangka menjaga kelancaran buang air besar dan memperlancar pencernaan makanan. Hal ini pada gilirannya berdampak baik pada tekstur kulit. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh diminimalkan dengan pembersihan tubuh secara teratur.

7. Meningkatkan imunitas

Saat Anda hamil, tubuh Anda sedang menjaga dua jiwa—Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh. Setiap penurunan kesehatan Anda dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jangan khawatir! Mengonsumsi semangka secara rutin dapat membantu memperkuat dan meningkatkan dukungan sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Meredakan ruam panas

Kehamilan juga membuka jalan bagi peningkatan panas tubuh, sehingga menimbulkan ruam panas yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Semangka, dengan daya hidrasi dan sifat mendinginkannya yang tinggi, adalah solusi terbaik untuk mengatasi ruam ini.

Buah musim panas ini juga mencegah kekeringan kulit yang berkepanjangan, menjaganya tetap terhidrasi dan bebas gatal.

9. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Pada awal kehamilan, banyak wanita yang mengeluhkan infeksi saluran kemih (ISK). Ini adalah masalah umum namun menjengkelkan yang diperparah dengan ketidakmampuan kita untuk mendapatkan pengobatan yang tepat selama kehamilan.

Buah berair ini sangat cocok untuk kesehatan saluran kemih karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakterinya. Dengan cara ini semangka membantu menghilangkan bakteri yang stagnan dari saluran kemih, sehingga Anda terhindar dari buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan.

10. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Semangka juga sangat tinggi kalsium dan potasium, mineral yang terkait langsung dengan perkembangan tulang bayi Anda yang belum lahir.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)