Fakta-Fakta Bau Mulut, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

Selasa, 30 Januari 2024 - 17:29 WIB
loading...
Fakta-Fakta Bau Mulut, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya
Bau mulut menjadi masalah yang bisa menghilangkan rasa percaya diri. Anda pun perlu mengenali gejala dan cara mengobatinya. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Kita semua mungkin pernah menderita bau mulut pada suatu waktu dalam hidup atau disebut juga halitosis.

Halitosis adalah kondisi bau atau odor yang tidak disukai sewaktu terembus udara, tanpa melihat apakah substansi odor berasal dari oral atau pun berasal dari non-oral.



Tentu kondisi ini tidak menyenangkan dan memalukan. Umumnya karena kebersihan gigi yang buruk. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan lebih memperhatikan kesehatan mulut dan melakukan perubahan gaya hidup sederhana.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, halitosis dapat menjadi indikasi adanya kelainan medis yang lebih serius. Bagaimanapun, kekhawatiran akan bau mulut tidak boleh diabaikan.

Jadi, apa sebenarnya penyebab masalah kebersihan umum ini, dan bagaimana cara mencegahnya? Dikutip starsinsider, berikut ulasannya.

Penyebab bau mulut

Bau mulut sebagian besar disebabkan oleh bakteri penghasil belerang yang biasanya hidup di permukaan lidah dan di tenggorokan.

Kebersihan gigi yang buruk

Kegagalan menyikat gigi secara rutin dapat meninggalkan partikel makanan di mulut yang dapat terurai dan menimbulkan bau tidak sedap.

Demikian pula, mengabaikan penggunaan benang gigi dapat meningkatkan penumpukan plak, memicu masalah seperti peradangan dan pembusukan, serta bau mulut.

Gigi palsu yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menampung bakteri, jamur dan sisa partikel makanan, yang lagi-lagi dapat menyebabkan bau mulut.

Bakteri penyebab bau mulut seringkali berkumpul di bagian belakang lidah. Ini dapat berinteraksi dengan asam amino dalam makanan dan menghasilkan senyawa belerang yang berbau.

Konsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu, seperti bawang merah dan bawang putih, dapat menyebabkan bau mulut.

Kurang minum air putih dapat menyebabkan halitosis. Mulut kering kekurangan air liur, yang secara alami membersihkan mulut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)