7 Pengobatan Sembelit ala Rumahan, Salah Satunya Minum Kopi

Jum'at, 02 Februari 2024 - 04:39 WIB
loading...
7 Pengobatan Sembelit ala Rumahan, Salah Satunya Minum Kopi
Banyak orang masih belum tahu cara mudah mengatasi sembelit dan itu bisa dilakukan di rumah. Salah satunya minum kopi. Foto/ healthshots
A A A
JAKARTA - Banyak orang masih belum tahu cara mudah mengatasi sembelit dan itu bisa dilakukan di rumah, seperti minum lebih banyak air dan mengonsumsi serat.

Dikutip Medical News Today, sembelit mempengaruhi sekira 20% orang di Amerika Serikat, mengakibatkan 8 juta kunjungan dokter per tahun.



Orang mungkin mengalami sembelit karena makanan yang mereka makan atau hindari, pilihan gaya hidup, obat yang diminum, atau kondisi medis yang mereka derita. Bagi banyak orang, penyebab sembelit kronis mereka tidak diketahui. Hal ini dikenal sebagai sembelit idiopatik kronis.

Sembelit ditandai dengan gejala, seperti kurang dari tiga kali buang air besar per minggu, tinja yang keras, kering atau menggumpal, kesulitan atau nyeri saat buang air besar, perasaan bahwa tidak semua tinja telah keluar.

Sembelit dapat menimbulkan efek negatif yang serius pada kualitas hidup, serta kesehatan fisik dan mental. Berikut pengobatan rumahan alami untuk meredakan sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit

1. Minum lebih banyak air

Dehidrasi secara rutin dapat membuat seseorang mengalami sembelit . Untuk mencegahnya, penting untuk minum cukup air dan tetap terhidrasi.

Ketika seseorang mengalami sembelit, mereka mungkin merasa lega dengan meminum air berkarbonasi (soda). Ini dapat membantu mereka mendapatkan kembali cairan dan membuat segala sesuatunya berjalan kembali.

Beberapa penelitian menemukan air soda lebih efektif daripada air keran dalam meredakan sembelit. Ini termasuk pada orang dengan gangguan pencernaan, atau dispepsia, dan orang dengan sembelit idiopatik kronis.

Namun, meminum minuman berkarbonasi seperti soda manis bukanlah ide yang baik, karena minuman tersebut dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan dan dapat memperburuk sembelit.

Beberapa orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) mendapati bahwa minuman berkarbonasi memperburuk gejalanya, jadi orang-orang ini mungkin ingin menghindari air soda dan minuman berkarbonasi lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)