7 Cara Alami Atasi Radang Tenggorokan akibat Perubahan Cuaca, Bisa Manfaatkan Es Batu

Kamis, 01 Februari 2024 - 22:36 WIB
loading...
7 Cara Alami Atasi Radang Tenggorokan akibat Perubahan Cuaca, Bisa Manfaatkan Es Batu
Radang tenggorokan memang terasa tidak nyaman, seperti kesulitan berbicara dan menelan makanan. Mengatasinya pun bisa mengonsumsi es. Foto/times of india.
A A A
JAKARTA – Radang tenggorokan menjadi penyakit yang umum terjadi, terutama karena perubahan cuaca.

Radang tenggorokan pun bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, rasanya akan tidak nyaman jika tenggorokan terasa sakit. Beberapa orang akan mengalami kesulitan berbicara dan menelan makanan akibat sakit tenggorokan.



Menurut National Health Service, Inggris, salah satu mengatasi radang tenggorokan dengan tetap menghidrasi tubuh. Namun, disarankan untuk menghindari minuman panas dan disarankan mengonsumsi sesuatu yang terasa dingin. Selain itu, ada banyak rempah rumahan yang bisa jadi obat sakit ternggorokan.

Mengutip dari Times of India, Kamis (1/2/2024), berikut ini cara rumahan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan

1. Menghisap es batu

Mengisap es batu atau es loli dapat menenangkan dan menghidrasi. Menurut pakar kesehatan, es loli dapat menjadi pengobatan yang baik untuk sakit tenggorokan karena memiliki efek mendinginkan lokal pada jaringan yang meradang. Es pop menurunkan suhu ujung saraf di tenggorokan, sehingga mengurangi sinyal rasa sakit.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. Untuk membuat obat kumur sendiri, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air matang hangat atau setengah dingin. Berkumurlah dengan larutan tersebut dan keluarkan. Ulangi sesuai kebutuhan.

3. Susu kunyit

Kunyit adalah antioksidan kuat dan memiliki kekuatan untuk melawan banyak infeksi serius. Untuk sakit tenggorokan, Anda bisa minum susu kunyit sebelum tidur. Hal ini juga disebut ramuan emas. Jika Anda cenderung kembung karena mengonsumsi susu di malam hari, Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih sedikit atau pada waktu lain di siang hari. Pastikan Anda juga menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam secangkir susu. Menambahkan sedikit bubuk lada hitam dapat meningkatkan manfaat kunyit bagi kesehatan.

4. Tarik napas di bawah uap

Menghirup uap melibatkan menghirup uap air yang membantu membuka saluran hidung Anda. Udara hangat dan lembab mengencerkan lendir yang tersumbat dan lengket di saluran hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pastikan Anda menyimpan bejana air panas atau penghirup uap listrik pada permukaan keras yang tepat seperti meja. Berhati-hatilah dengan prosesnya, jika tidak, ada risiko cedera akibat air panas.

5. Teh jahe

Teh jahe panas adalah obat rumahan yang populer dan efektif untuk mengobati sakit tenggorokan. Ini menenangkan tenggorokan yang meradang. Anda bisa merebus jahe dalam air dan meminumnya seteguk demi seteguk. Anda juga bisa merebus jahe dengan air sebelum menambahkan daun teh dan susu ke dalam chai sehari-hari Anda.

6. Jus jahe madu

Berdasarkan penelitian, jahe mungkin memiliki efek antimikroba yang lebih kuat bila dikombinasikan dengan madu, yang juga memiliki sifat antimikroba. Pertama, parut jahe lalu tekan dengan sendok untuk memeras semua sarinya. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam jus ini, campur dan minum. Meminumnya dapat membantu meredakan radang tenggorokan.


7. Istirahat

Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan yang tepat. Tidur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kurang tidur dapat menurunkan kadar sel darah putih dalam tubuh, yang dibutuhkan untuk melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Meskipun pengobatan rumahan dapat membantu meringankan gejala, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala baru, terutama jika gejala tersebut berlangsung lebih dari seminggu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)