alexametrics

Tips Anak Tetap Nyaman Saat Mudik Malam Hari

loading...
Tips Anak Tetap Nyaman Saat Mudik Malam Hari
Membuat anak tetap nyaman selama perjalanan mudik tidaklah mudah. Apalagi dilakukan malam hari yang bisa menggangu tidurnya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Malam hari kerap dipilih sebagai waktu yang tepat untuk menjalankan mudik ke kampung halaman. Pasalnya, perjalanan malam hari dinilai memiliki udara yang lebih sejuk dibandingkan siang yang panas yang bisa menyebabkan dehidrasi.  

Namun, jika Anda melakukan perjalanan dengan membawa buah hati, pastikan dia tetap nyaman. Tak jarang, perjalanan malam hari kerap membuat si kecil rewel. Apalagi perjalanan mudik dilakukan saat jam istirahat sehingga membuatnya sulit tidur.

 

"Jika masih siang hari, anak bisa lihat-lihat sepanjang perjalanan. Kalau di malah hari, anak jadi sulit untuk tidur," kata psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani.

 

Demi kenyamanan anak saat berada dikendaraan, Anna menyarankan untuk menyiapkan tirai yang berfungsi untuk menutup jendela dekat anak berada. Hal ini bertujuan untuk menghindari lampu sorot kendaraan dari berlawanan arah sehingga anak tetap merasa nyaman.

 

"Karena ketika jalan di malam hari lampu sorot dari kendaraan yang berlawanan arah terlalu terang dan mengganggu. Anak jadi lebih tidak bisa tidur," sarannya.

 

Jika anak duduk di pojok, tirai dapat dipasang tepat di kaca jendela sampingnya. Sementara jika anak duduk tepat di tengah, sebaiknya tirai dipasang antara kursi pengendara dan penumpang. Selain lampu mobil yang menyorot, perhatikan juga hal lainnya yang mengganggu.

 

Salah satunya udara malam yang lebih dingin. Karena itu, penggunaan AC mobil sebaiknya tidak membuat anak kedinginan. Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan mudik pada malam hari adalah memastikan anak dalam keadaan prima dan bugar.

 
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak