7 Cara Mencegah Penuaan Dini, Hindari Alkohol dan Rokok

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:30 WIB
loading...
A A A

3. Eksfoliasi


Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Proses tersebut bisa dilakukan melalui beberapa cara seperti chemical peeling dan physical peeling.

Chemical peeling adalah pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA atau salycilic acid dan BHA. Sementara physical peeling adalah metode pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub wajah.

Manfaat eksfoliasi di antaranya dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat, merangsang kolagen, meratakan pigmentasi kulit yang tidak rata, sampai menyamarkan kerutan di wajah.



4. Makan Makanan Sehat


Makan makanan yang tidak sehat seperti makanan manis, junk food atau makanan tinggi kolesterol secara berlebihan bisa memicu penuaan dini. Makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan ternyata dapat merusak kolagen yang memiliki fungsi menjaga elastisitas kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi penuaan dini dengan cara mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan memperbanyak mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan seimbang seperti buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah dan sayur yang bisa membantu menghambat penuaan diantaranya yaitu alpukat, blueberry, bayam, brokoli, pepaya dan semangka.

5. Minum Air Putih yang Cukup


Cara mengatasi penuaan dini pada kulit berikutnya adalah dengan minum air putih yang cukup yaitu paling tidak 2 liter atau 8 gelas setiap hari. Kurangnya asupan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan kelembaban kulit menurun. Akibatnya kulit akan menjadi lebih kering.

6. Olahraga Rutin


Olahraga sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk kesehatan kulit Anda. Saat olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang membawa kotoran keluar dari pori-pori sehingga kulit Anda akan lebih bersih.

Tidak hanya itu, olahraga secara rutin juga bisa melancarkan peredaran darah dan merangsang produksi kolagen sehingga tanda penuaan bisa tersamarkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari seperti bersepeda, jalan kaki, berenang atau yoga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)