7 Cara Mengatasi Panas di Dalam Rumah Tanpa Listrik

Jum'at, 02 Februari 2024 - 00:30 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Panas di Dalam Rumah Tanpa Listrik
Cuaca panas seringkali membuat rumah terasa tidak nyaman untuk dihuni. Banyak orang yang langsung mengandalkan penggunaan AC atau kipas angin untuk mengatasi. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Cuaca panas seringkali membuat rumah terasa tidak nyaman untuk dihuni. Banyak orang yang langsung mengandalkan penggunaan AC atau kipas angin untuk mengatasi udara panas di dalam rumah. Namun, penggunaan listrik berlebihan juga dapat meningkatkan suhu lingkungan sekitar dan membuat rumah menjadi lebih panas lagi.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi panas di dalam rumah tanpa menggunakan listrik tambahan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Matikan Lampu atau Gunakan Lampu LED

Lampu yang dihidupkan terus-menerus akan mengeluarkan panas dan membuat rumah terasa lebih panas. Oleh karena itu, sering-seringlah mematikan lampu di rumah. Jika Anda tidak nyaman dengan kamar yang gelap, Anda bisa menggunakan lampu meja yang tak terlalu terang atau lampu dengan watt yang kecil.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu LED yang lebih dingin dan hemat energi. Dengan mengurangi penggunaan lampu, Anda tidak hanya mengatasi panas di dalam rumah, tetapi juga menghemat tagihan listrik.



2. Gunakan Kaca Film

Menggunakan kaca film adalah cara yang efektif untuk menjaga rumah tetap sejuk saat cuaca panas. Kaca film dapat menjauhkan sinar matahari dan mengurangi panas serta silau hingga 99 persen. Anda bisa memasang kaca film pada jendela-jendela rumah Anda untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam rumah.

Dengan demikian, suhu di dalam rumah akan lebih terkendali dan Anda tidak perlu mengandalkan AC atau kipas angin.

3. Gunakan Tirai atau Gorden Tebal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)