Waspada Kesemutan Bisa Jadi Gejala Stroke, Jangan Dianggap Sepele

Senin, 05 Februari 2024 - 10:00 WIB
loading...
Waspada Kesemutan Bisa Jadi Gejala Stroke, Jangan Dianggap Sepele
Kesemutan atau mati rasa dapat menjadi gejala berbagai kondisi, termasuk stroke. Kesemutan juga bisa disebabkan oleh faktor yang tidak terkait dengan stroke. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Kesemutan atau mati rasa dapat menjadi gejala dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk stroke . Namun, perlu diingat bahwa kesemutan juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang tidak terkait dengan stroke.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (5/2/2024) biasanya kesemutan yang merupakan gejala stroke terjadi pada wajah, lengan atau kaki, terutama pada satu sisi.

Selain itu, umumnya kesemutan sebagai gejala stroke ditandai secara tiba-tiba dan disertai oleh beberapa gejala lainnya. Di antaranya adalah kebingungan, kesulitan berbicara, kesulitan memahami, dan penglihatan kabur.

Gejala lainnya meliputi kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan, dan kehilangan koordinasi. Jika Anda atau seseorang mengalami kesemutan atau mati rasa, penting untuk tidak langsung mengambil kesimpulan sendiri.



Kemudian, segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki risiko tinggi stroke. Selain itu, stroke adalah kondisi darurat medis yang membutuhkan penanganan segera.

Pengobatan cepat dapat membantu mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke. Namun, kesemutan juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti tekanan pada saraf, gangguan sirkulasi darah, atau penyakit saraf lainnya.

Di sisi lain, ada banyak penyebab seseorang mengalami kesemutan pada kaki dan tangan, yang sebagian besar bersifat sementara.

Postur tubuh yang tidak biasa dapat memberikan tekanan pada saraf dan menyebabkan sensasi kesemutan pada kaki atau tangan.



Beberapa penyebab kesemutan pada kaki atau tangan lebih serius dan mungkin memerlukan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Hanya profesional medis yang dapat memberikan diagnosis yang akurat setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala yang mencurigakan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2718 seconds (0.1#10.140)