6 Manfaat Minum Air Jahe saat Perut Kosong di Pagi Hari

Selasa, 06 Februari 2024 - 04:45 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Air Jahe saat Perut Kosong di Pagi Hari
Banyak orang tidak tahu manfaat minum air jahe di pagi hari. Apa saja? Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Pernahkah Anda terpikir untuk meminum air jahe di pagi hari? Bagi sebagian orang, mungkin terasa aneh saat minum jahe pagi hari, terlebih saat perut kosong.

Namun, dikutip healthshots, minum air jahe di pagi hari adalah cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat kesehatannya.



Dalam pengobatan kuno, jahe digunakan sebagai ramuan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit. Jadi, jika Anda ingin tubuh lebih sehat, pertimbangkan untuk minum air jahe di pagi hari agar semua manfaat jahe terserap ke dalam tubuh.

Manfaat minum air jahe

Jahe kaya akan nutrisi dan vitamin penting seperti vitamin C, kalsium, zat besi, tembaga, seng, mangan, dan kromium, dll. Mengonsumsi jus jahe saat perut kosong menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

“Ramuan ampuh ini dikenal karena kemampuan pencernaannya, membantu meringankan gangguan pencernaan, kembung, dan mual,” kata ahli gizi Avni Kaul.

Minum air jahe membantu membasmi atau menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga risiko penyakit jantung.

2. Memiliki sifat antiinflamasi

Sifat anti-inflamasi jahe berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis. Selain itu, sifat jahe ini membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya yang dapat memicu peradangan.

3. Penguat imunitas alami

Ini bertindak sebagai penguat kekebalan alami, memperkuat tubuh melawan infeksi. Jus ini juga terkenal karena kemampuannya mengatur kadar gula darah, meningkatkan kestabilan energi sepanjang hari.

4. Bertindak sebagai antioksidan

Selain itu, kandungan antioksidan dalam jus jahe membantu kesehatan sel, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis.

5. Memiliki sifat antimual

“Sifat anti-mual alami jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang rentan terhadap mabuk perjalanan, migrain, atau mual di pagi hari selama kehamilan,” kata ahli kesehatan. Ini juga dapat membantu menyembuhkan masalah perut secara umum.


6. Membantu penurunan berat badan

Jahe dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, mendukung tujuan pengelolaan berat badan, kata Avni Kaul. Ketika metabolisme Anda berfungsi dengan baik, tubuh Anda mampu membakar kalori bahkan saat Anda melakukan tugas normal sepanjang hari, sehingga membakar lemak tubuh lebih cepat.

Mulailah hari Anda dengan segelas jus jahe untuk memperkuat sistem pencernaan Anda, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)