Baking Soda Bisa Mengobati Asam Lambung, Begini Cara Konsumsinya

Senin, 05 Februari 2024 - 07:35 WIB
loading...
Baking Soda Bisa Mengobati Asam Lambung, Begini Cara Konsumsinya
Banyak yang percaya bahwa baking soda bisa mengobati asam lambung. Baking soda atau natrium bikarbonat pada dasarnya memang memiliki sifat penetrasi keasaman. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Banyak yang percaya bahwa baking soda bisa mengobati asam lambung . Baking soda atau natrium bikarbonat pada dasarnya memang memiliki sifat penetrasi keasaman.

Sehingga dalam beberapa kasus, orang menggunakan baking soda sebagai obat rumah tangga untuk meredakan gejala asam lambung . Baking soda sendiri bekerja dengan cara menetralkan asam lambung.

Hal tersebut dapat memberikan bantuan sementara dari sensasi terbakar di dada atau gejala refluks asam. Namun, penting untuk menyadari bahwa penggunaan baking soda untuk pengobatan asam lambung harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk dokter.

Dilansir dari The Healthy, Senin (5/2/2024) dokter pengobatan keluarga di Yorktown, Jesus Lizarzaburu, MD mengatakan bahwa perut menggunakan asam untuk mencerna makanan, namun asam yang berlebihan atau berkepanjangan dapat menyebabkan asam lambung.



Baking soda berperan dengan menetralkan asam yang tidak diinginkan ini. "Baking soda dan asam bersentuhan, terjadi reaksi kimia yang meningkatkan tingkat pH asam, secara efektif menetralkannya dan menghilangkan sensasi terbakar yang terkait dengan asam lambung," kata Lizarzaburu.

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mengobati Asam Lambung



Untuk menggunakan baking soda untuk meredakan asam lambung, Lizarzaburu menyarankan Anda melarutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air (enam hingga delapan ons) dan meminumnya.

Namun, Lizarzaburu memperingatkan bahwa baking soda adalah solusi sementara, meredakan gejala tanpa mengatasi akar penyebabnya. Bagi mereka yang sering menggunakan pengobatan rumahan ini, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter tentang solusi yang lebih permanen.

Selanjutnya, jangan mengonsumsi apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Di sisi lain, meskipun baking soda dapat menetralkan asam lambung, penggunaan berlebihan atau terlalu sering dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak asam sebagai respons.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)