7 Alasan Makan Kacang di Musim Hujan, Meningkatkan Mood hingga Atasi Gula Darah

Selasa, 06 Februari 2024 - 06:00 WIB
loading...
7 Alasan Makan Kacang di Musim Hujan, Meningkatkan Mood hingga Atasi Gula Darah
Musim hujan atau saat cuaca dingin membuat kita mendambakan kehangatan dan makanan. Salah satunya kacang. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Musim hujan atau saat cuaca dingin membuat kita mendambakan kehangatan dan makanan. Nah, salah satu cara enak dan bergizi untuk memuaskan hasrat adalah dengan makan kacang di musim hujan.

Mengapa Anda harus makan kacang di musim hujan? Ada alasan mengapa kacang harus menjadi bagian dari makanan musim hujan.



Dikutip healthshots, musim hujan ditandai dengan angin dingin disertai hawa dingin yang membekukan. Tentu saja, makanan musim hujan dapat memberi kehangatan dan kenyamanan.

“Dipenuhi dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung, kacang tanah menghadirkan sumber energi yang padat, membantu tubuh Anda tetap hangat selama musim dingin,” kata ahli gizi Avni Kaul.

Alasan Makan Kacang di Musim Hujan

1. Sumber energi berkelanjutan

Kita bisa mengalami kelesuan dan kelelahan selama musim hujan. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan penambah energi yang memiliki kandungan protein tinggi untuk membantu kita melewati hari yang penuh tantangan. Protein dalam kacang tanah memberikan dorongan energi yang berkelanjutan, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet musim dingin Anda untuk melawan kelelahan.

2. Kaya vitamin E

Saat cuaca berubah, kita cenderung terkena flu atau alergi. Kacang tanah bisa menjadi penyelamat dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan menghindarkan kita dari rasa sakit akibat alergi.

“Kandungan vitamin E yang tinggi, kacang tanah berfungsi sebagai antioksidan, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkis penyakit musiman,” kata sang ahli.

3. Perawatan kulit

Makanan musim hujan, seperti kacang tanah menyehatkan dan memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Ini membantu meningkatkan kesehatan kulit. Anda bisa mengatasi kekeringan kulit saat musim dingin dengan kandungan biotin pada kacang tanah. Ini dapat membantu memberi Anda kulit yang sehat dan bercahaya.

4. Mineral ramah tulang

“Mineral penting seperti magnesium, fosfor, dan seng dalam kacang tanah berkontribusi dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, penting selama musim dingin,” kata Avni Kaul.

5. Meningkatkan mood

Berada di balik pakaian berlapis tanpa niat untuk beranjak dari tempat tidur bisa terasa suram dan monoton. Namun, Anda bisa mengalahkan getaran tersebut dengan buah kering yang meningkatkan suasana hati ini.

“Kacang tanah mengandung triptofan, asam amino yang membantu produksi serotonin, yang berpotensi meningkatkan suasana hati Anda selama kesedihan musim dingin,” ujarnya.


6. Pengelolaan gula darah

Kacang tanah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah, menjadikannya pilihan yang baik untuk kesehatan musim dingin.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)