Jangan Buang Kulit Buah-buahan Ini, Bisa Bikin Kulit Bercahaya

Senin, 05 Februari 2024 - 21:07 WIB
loading...
Jangan Buang Kulit Buah-buahan Ini, Bisa Bikin Kulit Bercahaya
Punya buah seperti jeruk atau pepaya? Jangan buang kulitnya. Ini karena kulit buah ini memiliki banyak manfaat. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Punya buah seperti jeruk atau pepaya? Jangan buang kulit buahnya. Pasalnya, kulit buah ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya bisa membuat kulit bercahaya.

Dikutip healtshots, sifat pengelupasan dan nutrisi yang melekat pada kulit buah menjadikan kulit buah ini baik untuk kesehatan kulit .


Manfaat Kulit Buah

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk yang tinggi vitamin C membantu mencerahkan kulit, mengurangi flek hitam dan mendorong sintesis kolagen untuk kulit awet muda. Asam alami kulit jeruk mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta membuat kulit Anda bercahaya.

Caranya:
Kulit jeruk dapat digunakan dalam bentuk bubuk kulit jeruk kering. Jadi, untuk membuat pasta, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari, haluskan hingga menjadi bubuk dan campurkan bubuk tersebut dengan yoghurt atau madu. Setelah mengoleskan pasta ini pada wajah Anda, tunggu 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya. Mencerahkan kulit dan mengelupas kulit secara alami.

2. Kulit lemon

Asam sitrat yang terdapat dalam kulit lemon membantu mencerahkan flek hitam, meratakan warna kulit dan menghilangkan minyak berlebih. Asam sitrat lebih seperti pemutih alami, sehingga mengurangi pigmentasi kulit dan memperbaiki tekstur kulit secara umum.

Caranya:
Untuk membuat scrub, campurkan bubuk kulit lemon kering dengan gula dan minyak zaitun. Gunakan gerakan memutar untuk memijat lembut scrub ini ke seluruh wajah Anda. Bilas dan dapatkan kulit yang lebih bersinar dan halus.

3. Kulit pepaya

Kulit pepaya mengandung enzim seperti papain yang mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus dan cerah, kata Dr Mittal. Papain membuat kulit lebih halus dan bercahaya dengan memecah protein tidak aktif dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya:
Dapat digunakan dalam bentuk masker yang harus dibuat pasta dari kulit pepaya. Gunakan pada wajah Anda dan setelah didiamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas. Enzim dalam kulit pepaya akan mengelupas kulit Anda, menjadikannya halus dan bercahaya, kata sang ahli.

4. Kulit pisang

Antioksidan, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam kulit pisang membantu melembabkan kulit, mengurangi peradangan dan membuat kulit bersinar sehat. Lutein, bahan dalam kulitnya, melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit, membuatnya tampak awet muda.

Caranya:
Gosok kulit Anda selama beberapa menit dengan bagian dalam kulit pisang. Bilas residu setelah 15 hingga 20 menit membiarkannya tertinggal di kulit Anda. Kulit Anda akan ternutrisi oleh antioksidan dan nutrisi di kulitnya.


5. Kulit apel

Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam kulit apel membantu pembaharuan dan pemeliharaan elastisitas kulit. Antioksidannya melawan radikal bebas, meminimalkan gejala penuaan dan membuat kulit awet muda dan bercahaya.

Caranya:
Lembutkan kulit apel dengan merebusnya dalam air. Saring airnya, biarkan dingin lalu gunakan sebagai toner. Gunakan kapas, oleskan toner kulit apel ini pada wajah Anda. Ini membantu mengencangkan pori-pori dan menambah kilau alami.

Manfaat kulit buah untuk kulit

1. Melawan jerawat

Sifat anti jerawat terdapat pada kulit jeruk. Juga, ini mengandung minyak organik yang mengurangi wabah dan jerawat. Ini mengecilkan pori-pori kulit, menurunkan kemungkinan penumpukan kotoran dan minyak.

2. Mencerahkan warna kulit

Asam sitrat dari kulit lemon mencerahkan dan mencerahkan warna kulit. Ini juga mengandung kualitas antimikroba bawaan, kata Dr Mittal.

3. Menghilangkan sel kulit mati

Kulit menjadi terkelupas saat Anda menggunakan kulit pepaya. Enzim dari kulit pepaya mengangkat sel kulit mati sehingga menghasilkan sm kulit lainnya. Selain itu, ia memiliki antioksidan yang melawan radikal bebas dan mengurangi munculnya penuaan.

4. Menenangkan kulit

Kupas dari pisang membantu menenangkan. Karena sifat anti-inflamasinya, bahan ini dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang sakit, kata sang ahli. Selain itu, ia menghidrasi dan melembabkan kulit, membuatnya kenyal dan lembut.


5. Menenangkan kulit yang teriritasi

Unsur anti inflamasi pada kulit apel membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Antioksidan yang ditemukan di dalamnya juga melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan lingkungan.

Kulit buah ini bagus untuk kulit Anda, tetapi sebelum mengaplikasikannya, lakukan uji tempel pada kulit Anda. Selain itu, jika Anda memiliki masalah atau kondisi kulit tertentu, hubungi dokter.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)